IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEWUJUDKAN KOTA LAYAK ANAK DI KOTA BATU

Beny Sutami, Dody Setyawan, Noora Fithriana

Abstract

Implementasi Program Sekolah Ramah Anak merupakan salah satu indikator capaian Kota Layak Anak sebagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Pemenuhan hak anak merupakan suatu konsep yang dibuat oleh Pemerintah sebagai suatu strategi dalam menentukan indikator-indikator hak anak dalam Sekolah Ramah Anak. Untuk itu diperlukan pembangunan dan sumber daya Pemerintah untuk mendukung setiap upaya yang bertujuan menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program Sekolah Ramah Anak beserta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak dalam mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Batu belum berjalan dengan baik. Beberapa indikator meliputi sosialisasi yang tidak konsisten, ketersediaan sumber daya manusia, anggaran, peralatan yang minim, partisipasi Sekolah untuk terlibat sangat rendah dan lemahnya koordinasi dan kerjasama antar pemangku kepentingan dan pelaksana kebijakan. Faktor pendukungnya meliputi kesepakatan/komitmen Daerah menuju Kota Layak Anak dan aturan yang mendukung tegaknya perlindungan anak. Faktor penghambatnya yaitu sosialisasi tidak konsisten, minimnya sumber daya, rendahnya partisipasi Sekolah dan lemahnya koordinasi antar pemangku kebijakan.

The implementation of Child Friendly School Program is either achievements indicator to City worth child as an effort to fulfill children's rights and protection in education. Fulfilling children's rights is one concept that created by the Government as a strategy to determine children's rights indicators in Child friendly School. Therefore, development and government resources are needed to support every aimed effort at ensuring the fulfillment of children's rights and protection. The purpose of this research is to determine the implementation of Child friendly School Program with supporting and inhibiting factors. This study uses qualitative research methods by collecting data through observation, interviews, and documentation. The determination of informants is using snowball sampling. Data analysis were carried out through the stages of data collection, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the implementation of realizing Child friendly School Program in City Worth Childof Batu City was not going well. Some indicators include inconsistent socialization, unavailability of human resources, budget, minimal equipment, low participation of schools, weak coordination and also the cooperation between stakeholders and policy implementers. Another supporting factors include regional agreements/commitments towards City Worth Child and rules that support the protection of children. The inhibiting factors were inconsistent socialization, lack of resources, low school participation and weak coordination among the policy makers.

Keywords

Implementasi; Kota Layak anak; Program Sekolah Ramah Anak

Full Text:

PDF

References

Agustino, Leo. 2012. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Arifina. 26 Maret 2019. Kekerasan Anak Dan Perempuan Di Kota Batu Naik Drastis. (https://radarmalang.id/kekerasan-anak-dan-perempuan-di-kota-batu-naik-drastis/), diakses pada 08 April 2019.

Editor KLA. Kabupaten/Kota Layak Anak. (http://www.kla.id/) diakses pada tanggal 18 Oktober 2018.

Indradi, Sjamsiar Sjamsuddin. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik. Malang: Intrans Publishing.

Nugroho, Riant. 2014. Kebijakan Publik Untuk Negara-Negara Berkembang: Model-Model Perumusan, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak

Setyawan, Dody. 2017. Pengantar Kebijakan Publik. Malang: Intelegensia Media.

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28C.

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Widodo, Joko. 2017. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi, Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Media Nusa Creative.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.