FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN IBU HAMIL MENGKONSUMSI TABLET FE DI UPTD PUSKESMAS BANTUR

Sri Hartatik, Titik Agustini

Abstract

Kepatuhan ibu hamil untuk mengkonsumsi FE dapat mendukung program pemerintah Republik Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu. Angka kematian ibu tertinggi disebabkan oleh perdarahan yang salah satu penyebabnya adalah karena anemia pada ibu hamil. Anemia terjadi sebagai akibat konsumsi FE yang kurang oleh ibu hamil. UPTD Puskesmas Bantur selaku salah satu ujung tombak penyelenggara kesehatan dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mempunyai cakupan yang belum memenuhi target nasional yaitu sebesar 78,5% pada tahun 2011. Konsumsi FE merupakan kunci penting untuk mengurangi kejadian anemia yang dapat mengakibatkan dampak kematian pada ibu, dimana kematian terbesar masih dipegang oleh perdarahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia, pendidikan dan pekerjaan terhadap kepatuhan ibu mengkonsumsi FE di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bantur, Propinsi Jawa Timur Tahun 2012. Desain penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ibu hamil yang tinggal di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bantur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa FHitung (20,803) dan koefisien determinasi 70,6%, hal tersebut menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara Usia (X1) pendidikan (X2) dan pekerjaan (X3) dengan kepatuhan ibu hamil di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bantur, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur Tahun 2012. Faktor yang diprediksi sebagai faktor yang paling dominan mempengaruhi kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi FE adalah pekerjaan ibu

Keywords

Kepatuhan Ibu Hamil, Usia, Pendidikan, Pekerjaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.