STUDI TENTANG PRODUKTIF ASI DIKAITKAN DENGAN ANATOMI PAYUDARA DI POSYANDU DESA WADUNG PAKISAJI KABUPATEN MALANG

dr. Andre, Feni Wilarsih

Abstract

Perawatan payudara merupakan suatu usaha yang dilakukan agar kondisi payudara baik, demi mencapai keberhasilan menyusui. Perawatan payudara pada masa nifas bertujuan memperbanyak atau memperlancar produksi ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan teknik menyusui, bentuk puting dan perawatan payudara terhadap produksi ASI ibu menyusui pada bayi usia 1-6 bulan.
Penelitian ini marupakan jenis penelitian survei analitik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Desa Wadung Pakisaji-Malang. Penelitian berjalan dalam kurun waktu mulai bulan Februari hingga Maret 2013. Dalam penelitian ini di ambil sampel sebanyak 34 ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 1-6 bulan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling non random.
Masing-masing variabel bebas terdapat berpengaruh terhadap produksi ASI nilai t hitung X1 = 6.433 > t tabel = 2.042 , nilai t hitung X2 = 5.094 > t tabel = 2.042, nilai t hitung X3 = 9.972 > t tabel = 2.042 maka variabel hubungan teknik menyusui, bentuk putting dan perawatan payudara berpengaruh secara signifikan terhadap produksi ASI

Keywords

produktif ASI, anatomi payudara, ibu menyusui

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.