HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, PERILAKU DAN RIWAYAT KESEHATAN REMAJA PUTRI TERHADAP KEJADIAN KEPUTIHAN

Herry Wibowo, Andjar Sulandari

Abstract

Keputihan merupakan gejala yang sangat sering dialami oleh sebagian besar wanita. Gangguan ini merupakan masalah kedua sesudah gangguan haid. Keputihan sering kali tidak ditangani dengan serius oleh para remaja. Padahal, keputihan bias jadi indikasi adanya penyakit. Hampir semua perempuan pernah mengalami keputihan. Pada umumnya, orang menganggaP keputihan pada wanita sebagai hal yang normal. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, karena ada berbagai sebab yang dapat mengakibatkan keputihan. Keputihan yang normal memang merupakan hal yang wajar. Namun, keputihan yang tidak normal dapat menjadi petunjuk adanya penyakit yang harus diobati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan, perilaku dan riwayat kesehatan remaja putrid terhadap kejadian keputihan. Penelitian ini jenis deskriptif dan eksploratif dengan menggunakan kuisioner berjumlah 35 responden. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang siswi kelas 3 keperawatan SMK Bina Mandiri Malang.
Hasil analisa regresi linier berganda pengaruh variabel tingkat pengethauan (x1), perilaku (x2), dan riwayat kesehatan (x3), secara bersama–sama berpengaruh secara signifikan (α =0,05) terhadap kejadian keputihan (Y). Hal ini di buktikan dengan adanya nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 7.150>3.35

Keywords

Tingkat Pengetahuan, Perilaku, Riwayat Kesehatan Remaja Putri, Keputihan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.