STUDI TENTANG KONDISI KESEHATAN, KONDISI PSIKOLOGIS DAN POLA MAKAN DENGAN USIA MENOPOUSE DI KECAMATAN CEMPOKOMULYO

dr. Yusnita Julyarni, Sri Indah

Abstract

Wanita secara kodrati akan melewati fase perubahan fisiologis diawali dengan perkembangan masa remaja yang ditandai dengan menstruasi yang kemudian secara normal itu terjadi terus–menerus setiap bulannya pada masa reproduktif. Selanjutnya wanita melewati masa hamil dan menyusui.
Fase reproduksi ini kemudian diakhiri dengan datangnya menopause yang umumnya mulai terjadi pada usia lebih dari 45 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi hubungan seksual, kondisi kesehatan dan kondisi psikologis dengan kondisi klimakterium di Kecamatan Cempokomulyo.
Desain penelitian yaitu Cross sectional, populasi pada penelitian ini adalah ibu menopause di Kecamatan Cempokomulyo. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 30 responden. Teknik yang digunakan teknik purposive sampling. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah kondisi hubungan seksual (X1), kondisi kesehatan (X2), kondisi psikologis (X3), dan kondisi klimakterium (Y). Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil yang diharapkan adalah ada hubungan yang signifikan antara kondisi hubungan seksual, kondisi kesehatan, dan kondisi psikologis dengan kondisi klimakterium.
Dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda memperlihatkan bahwa secara bersama-sama variabel kondisi hubungan seksual, kondisi kesehatan, dan kondisi psikologis mempunyai hubungan yang signifikan dengan kondisi klimakterium dengan nilai Fhitung 95,013

Keywords

Kondisi Hubungan Seksual, Kondisi Kesehatan, Kondisi Psikologis, Klimakterium

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.