STUDI TENTANG PERAN SUAMI DALAM ASUHAN PERSALINAN PADA IBU PRIMIPARA DI PUSKESMAS DAU

Donny Yunamawan LS, Dwi Astuti

Abstract

Dukungan fisik dari suami merupakan salah satu cara yang sangat diharapkan ibu hamil yang selama ini kurang sadari oleh para ibu hamil. Dukungan ini sangat diperlukan untuk memperoleh kenyamanan dalam persalinan. Meski selintas tidak begitu nyata tetapi dukungan fisik merupakan dukungan terbesar dalam masa kehamilan dan masa menghadapi persalinan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui peran suami untuk mendukung keberhasilan asuhan persalinan di Puskesmas Dau Kabupaten Malang. Desain penelitian yaitu deskriptif analitik, populasinya adalah seluruh ibu hamil yang periksa pada Puskesmas DAU. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang periksa di Puskesmas DAU sejumlah 30 orang.
Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah 1) Dukungan fisik, 2) Dukungan moral, 3) Dukungan materi, dan 4) keberhasilan asuhan persalinan. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan Uji Regresi linier berganda.
Hasil yang diharapkan adalah ada pengaruh mengenai peran suami untuk mendukung keberhasilan asuhan persalinan di Puskesmas Dau Kabupaten Malang. Hasil yang diperoleh yaitu F hitung > F tabel yaitu 8,289 > 2,98 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan suami dengan keberhasilan persalinan di Puskesmas Dau

Keywords

Peran suami, Persalinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.