PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER I AKADEMI KEBIDANAN WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG

Susi Chuti Winarni, Suwisi Suwisi

Abstract

Seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Kebiasaan belajar yang tidak sesuai juga dapat mempersulit siswa dalam memahami dan memperoleh pengetahuan sehingga memghambat kemajuan belajar siswa dan pada akhirnya akan mengalami kegagalan dalam berprestasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik, ekstrinsik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa semester I. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik sampel jenuh yang artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 40 orang. Uji statistic menggunakan Regresi Linier Berganda.
Variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 19,581 >2,021. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 47,943 >2,021. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 43,168 >2,021sehingga terdapat pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap variable Y.

Keywords

Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.