HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DAN KONDISI SARANA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI AKBID WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG

Feni Wilarsih, Donny Yunamawan LS

Abstract

Dalam motivasi belajar terkandung adanya cita-cita atau aspirasi mahasiswa, ini diharapkan mahasiswa mendapat motivasi belajar sehingga mengerti dengan apa yang menjadi tujuan dalam belajar, disamping itu keadaan mahasiswa yang baik dalam belajar akan menyebabkan mahasiswa tersebut semangat dalam belajar dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik, kebalikannya mahasiswa yang sedang sakit, ia tidak mempunyai gairah dalam belajar (Mudjiono, 2002).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dan kondisi sarana prasarana terhadap motivasi belajar mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah semua mahasiswa 60 mahasiswa.
Dari penelitian diketahui bahwa variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan oleh nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai F 0,05 yaitu 22,845> 2,040. Berdasarkan hasil analisis didapatkan pula nilai koefisien determinasi sebesar 0,854 yang berarti terdapat pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap variabel Y sebesar 85,4% yang mana hubungan ini masuk pada katagori hubungan yang kuat. Hasil analisis diperoleh hasil bahwa variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y sebesar 0,468 (46,8%) dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 5,211 > 3,060. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y sebesar 0,587 (58,7%) dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 6,214 > 3,060. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y sebesar 0,643 (64,3%) dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 7,858 > 3,060. Dengan demikian variabel variabel X3 berpengaruh lebih besar (dominan) terhadap variabel Y, sehingga semakin bagus pelayanan SDM maka akan semakin tinggi motivasi belajar

Keywords

Pengelolaan Kelas, Kondisi Sarana Prasarana, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.