PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PROSES PERSALINAN DI PUSTU TLOGOREJO DESA WAJAK KAB. MALANG

Vivin Yuni Astutik, Sri Suryaningsih

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari merupakan sarana yang penting untuk menjalin suatu hubungan dengan orang lain. Komunikasi terapeutik merupakan kemampuan atau keterampilan bidan dalam membantu pasien menyesuaikan diri dengan stress yang dihadapi, mengatasi gangguan psikologis, dan menjalin komunikasi dengan orang lain. Suatu komunikasi yang hendak dilaksanakan dengan kesadaran, memiliki tujuan dan terfokus untuk perkembangan kesembuhan pasien merupakan komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik cenderung kepada komunikasi antar pribadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik dan dukungan keluarga terhadap proses kelancaran persalinan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan memberikan perlakuan, kuisioner, wawancara, dan observasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara sampling jenuh dan analisa data menggunakan uji T.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh komunikasi terapeutik (X1) yaitu Thitung>Ttabel(0,05) dimana (X1) sebesar (7,001>3,057) Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara komuniksi terapeutik terhadap proses kelancaran persalinan (Y). Hasil analisis dukungan keluarga (X2) (7,800>3,057). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga terhadap peruses kelancaran persalinan (Y).

Keywords

komunikasi terapeutik; dukungan keluarga; proses persalinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.