FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA BIDAN DI LINGKUNGAN IBI KABUPATEN MALANG

Jamilatul Qomariyah, Donna Dwinita Adelia

Abstract

Pembangunan jangka panjang tahap II dititikberatkan pada pembangunan ekonomi. pembangunan ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya pengembangan sumber daya manusia di arahkan guna meningkatkan harkat, martabat dan kemampuan manusia akan kepercayaan pada diri sendiri hal tersebut tertuang dalam GBHN pada tahun 2003. Peningkatan mutu serta perlindungan tenaga kerja dan sektor dan daerah serta ditujukan pada perluasan lapangan kerja merupakan Pembangunan ketenegakerjaan yang bersifat menyeluruh. Pendidikan adalah proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaan. Makna lain menurut Henderson yaitu pendidikan adalah suatu proses. Perlu adanya lapangan kerja yang luas untuk mewujudkan pembangunan sektoral dan regional.
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah IBI Kabupaten Malang propinsi Jawa Timur. Populasi dalam peneliti adalah bidan yang menolong persalinan yang berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah bidan yang menolong persalinan yang berjumlah 36 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Analisi yang digunakan analisis regresi berganda.
Hasil analisi pada penelitian ini bahwa nilai koefisien regresi dalam thitung variabel pendidikan ( X1 ) koefiseen regresinys 0.706 Thitung 0 . 308 berarti pendidikan responden sangat mempunyai hubungan dengan kinerja nya. Pengalaman ( X2 ) koefisien regresinya dapat 8.477 dan Thitung 5.5.97 berarti semakin lama pengalaman kerjanya hubungannya dengan kinerjanya semakin tinggi. Pelatihan yang diikuti koefisien regresinya 1.728 dan T hitung 1.065 diartikan semakin sering mengikuti pelatihan hubungannya dengan kinerjanya semakin bagus

Keywords

Pendidikan, Pengalaman, Pelatihan, Pertolongan Persalinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.