KARAKTERISTIK PENGHUNI PONDOK PESANTREN TERHADAP PREVALENSI PENYAKIT KULIT SCABIES DI PONDOK PESANTREN PUTRI DESA GEDOK WETAN KABUPATEN MALANG

Defi Kristina Sari, Donny Yunamawan LS

Abstract


Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada bulan Januari 2017 di Pondok Pesantren Putri Desa Gedok Wetan Kabupaten Malang, dilakukan wawancara dengan pengelola Pondok Pesantren dan dilakukan pemeriksaan langsung kepada santri putri dan didapatkan bahwa 29 santri putri mengalami penyakit kulit dan yang paling banyak yaitu penyakit kulit scabies atau gudikan dengan jumlah 25 santriwati.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penghuni pondok pesantren terhadap Prevalensi Penyakit Kulit Scabies. Lokasi penelitian bertempat di Pondok Pesantren Putri Desa Gedok Wetan Kabupaten Malang. Sampel yang dipakai berjumlah 25 orang santri putri yang mengalami penyakit kulit scabies. Analisa yang dipakai adalah Analisa statistic chi square. Variabel yang diteliti meliputi pengetahuan, personal hygiene, sanitasi lingkungan dan kontak langsung.

Keywords


pengetahuan, personal hygiene, sanitasi lingkungan, kontak langsung, scabies

Full Text:

PDF

Article metrics

Abstract views : 95 | views : 103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.