PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE CTL DAN METODE SIMULASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERSONAL HYGIENE DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL HUDA PONCOKUSUMO

Endang Prasetyowati, Novi Budi Ningrum

Abstract


Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Konsep pendidikan yang di aplikasikan pada bidang kesehatan. Konsep dasar pendidikan kesehatan adalah proses pertumbuhan, perkembangan, atau perubahan ke arah yang lebih dewasa, lebih baik dan lebih matang pada diri individu, kelompok atau masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode CTL dan metode simulasi terhadap tingkat pengetahuan tentang Personal Hygiene kepada para santriwati di Pondok Pesantren Putri Poncokusumo. Metode pengambilan sample adalah secara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan uji independent t-test. Kontribusi yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode CTL dan metode simulasi terhadap tingkat pengetahuan tentang Personal Hygiene.
Hasil analisis data menunjukkan perbandingan t hitung dengan t tabel didapatkan bahwa t hitung 3.913 > t table 2.042 maka Ho ditolak dan terima H1. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode CTL dan metode Simulasi. Dan metode CTL lebih dapat diterima dalam penelitian ini.

Keywords


Tingkat Penerapan Peraturan; Lingkungan; Fasilitas; Kondisi Belajar

Full Text:

PDF

Article metrics

Abstract views : 41 | views : 69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.