PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MODEL SMALL GROUP DISCUSSION (SDG) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DI SEKOLAH ORANG TUA HEBAT (SOTH) DI BKB HARAPAN KITA 2 DESA SUMBEREJO KOTA BATU

Rokhamah Rokhamah, Sayuti Sayuti

Abstract

Small group discussion adalah proses pembelajaran dengan melakukan diskusi kelompok kecil tujuannya agar peserta didik memiliki keterampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibakan gangguan pertumbuhan pada anak. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir namun kondisi stunting baru tampak setelah bayi berusia 2 tahun. Di desa Sumberejo Balita yang mengalami stunting dan berat badan kurang sebanyak 58 balita.  Pengetahuan adalah suatu hasil dari rasa keingintahuan melalui proses sensoris, terutama pada mata dan telinga terhadap objek tertentu. Pengetahuan merupakan domain yang penting dalam terbentuknya perilaku terbuka atau open behavior (Donsu, 2017). Untuk meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki balita stunting  peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion dalam Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan ibu di SOTH dengan belajar menggunakan model; Small Group Discussion.Penelitian ini dilaksanakan di Small Group Discussion (SOTH) di BKB Harapan Kita 2 desa Sumberejo Kota BAtu. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh . Pemberian Pendidikan  dengan Model Small Group Discussion (SDG) Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Ibu Di Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) BKB Harapan Kita 2 Desa Sumberejo  Kota Batu hal ini di tunjukkan dengan adanya peningkatan pengetahuan ibu ibu di SOTH dari nilai pre test dengan rata –rata 65,0 dan saat sesudah pemberian pendidikan dengan model SDG niali postes 75,38 yang artinya ada peningkatan sebesar  15, 38. Dilihat dari nilai Ttest menunjukkan ada pengaruh yang di tunjukkan dengan nilai thitung =  4,039 > ttab = 1,708 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00

Keywords

Small Group Discussion, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References

A, Aziz, Hidayat. (2011). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Amin Suyitno, Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di SMP, Semarang: 2007

Christiani Ari. PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. JPGSD. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014. https://media.neliti.com/media/publications/251819-penerapan-metode-small-group-discussion-41001939.pdf

Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia.Tahun Jakarta : Departemen Kesehatan, 2021

Donsu, Jenita DT. (2017). Psikologi Keperawatan.Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Hasibuan, Moedjiono dan J.J. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Ismail, (2018) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: RaSail Media Group,),

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : pt rineka

Nur Hudayana, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Binatang Halal dan Haram melalui Model Pembelajaran Small Group Discussion yang Efektif (Studi Tindakan di Kelas VIII E SMP N 31 Semarang), Skripsi yang dipublikasikan, IAIN Walisongo Semarang, (2014):

Nursalam. (2009). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Profesional. Edisi 2. Salemba Medika, Jakarta

Nurroh, S. 2017. Filsafat Ilmu. Assignment Paper of Filosophy of Geography Science: Universitas Gajah Mada.

Sagala,Syaiful, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran : Rineka Cipta

Slameto. 2017. Belqjar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Supriyanto Didik. penerapan model pembelajaran small group discussion terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi dunia tumbuhan dan dunia hewan. Vol. 2 No. 1 Th. Jan-Des 2017. http://fkip.um-palembang.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/Didik-Supriyanto.pdf

Suryanto, B., & Sutinah. (2011). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Media Group.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. 2016. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif, konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Trianto. 2016. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif, konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta:PT.Bumi Aksara.

awan dan Dewi, 2010, Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Nuha Medika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.