HUBUNGAN POLA SEKSUAL DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN SERVISITIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG

Prita Muliarini, Sunarsih Yudawati

Abstract

Servisitis adalah radang dari selaput lendir canalis cervicalis. Karena epitel selaput lendir cervicalis hanya terdiri dari satu lapisan sel silindris maka mudah terkena infeksi dibandingkan dengan selaput lendir vagina. Servisitis merupakan kelanjutan dari infeksi pada vagina yang di sebabkan oleh trichomonas, Chlamydia Trakhomatis, Gonorhoe dan virus Herpes.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pola Seksual dan personal hygiene dengan kejadian Servisitis pada ibu hamil diwilayah kerja puskesmas Sumberpucung. Lokasi dan waktu Penelitian ini dilakukan diwilayah kerja Puskesmas Sumberpucung pada Bulan Maret sampai Juni 2019. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penetapan sampel dengan cara memilih sampel di antara populasi sesuai yang diketahui peneliti, sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pendekatan statistik deskriptif. Dengan menggunakan metode model regresi linier berganda.

Variabel Nilai Thitung  variabel pola seksual (X1) sebesar 3.925 > Ttabel 2.052 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola seksual (X1) dengan kejadian servisitis (Y). Nilai Thitung  variabel  personal hygiene (X2) sebesar 4.372 > Ttabel 2.052 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara personal hygiene (X2) dengan kejadian servisitis (Y). Nilai Fhitung sebesar 8,541 > dari nilai F0,05 (3,354) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pola seksual (X1), dan personal hygiene (X2), dengan kejadian servisitis (Y). Nilai koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0.474 artinya hubungan variabel bebas dengan kejadian servisitis sebesar 47,4%, sedangkan 52,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilihat dari nilai Thitung yang paling dominan berpengaruh terhadap kejadian servisitis adalah variabel X2 (personal hygiene).

Keywords

Pola seksual, Personal Hygiene, Servisitis

Full Text:

PDF

References

Agustin. 2015. Analisis Meltifaktor Yang Mempengruhi Asfiksia Neonatorum. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program Pasca Sarjana UNS.

Ai Yeyeh, Rukiyah, Yulianti, Lia. 2010. Asuhan Neonatus Bayi Dan Anak Balita. Trans Info Medika: Jakarta.

JNPK-KR. 2007. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta.

JNPK-KR. 2008. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta.

Manuaba, I.C., Manuaba, I.B.F., & Manuaba, I.B.G. 2009. Buku Ajar Patologi Obstetri, EGC, Jakarta.

Manuaba. IAC., Manuaba, IBGF., Manuaba, IBG. 2012. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan Dan KB Untuk Pendidikan Bidan. EGC : Jakarta

Marmi. 2012. Asuhan Neonatu, Bayi, Balita, Dan Anak Prasekolah. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Mochtar, R. 2012. Sinopsis Obstetri Obstetri Fisiologi Obstetri Patologi Jilid 1. EGC: Jakarta.

Muslihatun W N. 2010. Asuhan Neonatus Bayi Dan Balita, Fitramaya; Yogyakarta.

Muslimatun, Nur Wafi.2010. Asuhan Neonatus Bayi & Balita,Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Nurhidayah, 2015. Proses Komunikasi Intrapersonal Prosedur Dalam Sentuhan Qolbu.Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika: Jakarta.

Prawirohardjo, Sarwono. 2014. Ilmu Kebidanan. YBPSP : Jakarta.

Prawirohardjo, sarwono. 2010. Ilmu Kebidanan. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta.

Saifudin, Abdul Bari. 2012. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. YBPSP, Jakarta.

Triana, Dkk. 2015. Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. Deepublish: Yogyakarta.

UNPAD. 2012. Obstetri Patologi. Elstar Offset; Bandung.

Vivian Lia Nanny. 2011. Asuhan Neonatus Bayi Dan Anak Balita. Salemba medika, Jakarta.

Wahyuni S. 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.