ANALISA STRATEGI PERANAN WANITA UMKM DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN DI KEC. NGANTANG, KAB. MALANG (PENDEKATAN ANALISA SWOT)

RR Nugraheni Suci Sayekti, Nila Kartika Sari

Abstract

Partisipasi wanita belum seimbang dalam perannya meningkatkan
kesejahteraan keluarganya yang secara tidak langsung dalam pembangunan secara umum, sehingga perlu adanya upaya upaya pemberdayaan agar bisa berfungsi sebagai subyek dan obyek pembangunan, baik secara peran individu, Anggota Keluarga, dan
Warga. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan aspek-aspek yang berhubungan dengan: (1) Latar belakang kehidupan sosial Wanita Pelaku UMKM di Desa Ngantang Kab. Malang, (2) Adanya usaha usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya, (3) Penciptaan program program yang bisa meningkatkan peran kewirausahaan wanita pelaku UMKM di Desa Kec. Ngantang, Kab. Malang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah merumuskan strategi yang tepat untuk pelaku Wanita Petani UMKM di Desa Ngantang yaitu mendorong wanita untuk membuka usaha di bidang perdagangan sayuran dan produksi makanan dari bahan sayuran atau hasil pertanian.

Keywords

wanita; pengusaha UMKM; strategi

Full Text:

PDF
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.