PENCATATAN PELAPORAN KEUANGAN UMKM (STUDY KASUS DI KOTA MALANG)

Yayuk Sulistyowati

Abstract

Praktik akuntansi merupakan solusi dari masalah yang sering terjadi pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yaitu masalah manajemen keuangan. Akuntansi digunakan sebagai standar untuk memudahkan UMKM dalam membuat laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan dipahami pihak eksternal dan internal. Praktik akuntansi seharusnya sudah banyak diketahui atau bahkandipraktikkan oleh UMKM. Tujuan penelitian ini mengetahui dan menganalisis seperti apa praktik akuntansi pada UMKM di Kota Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari kuisioner, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 75 dan di ambil sampel sebanyak 50 untuk mewakili jumlah keseluruhan dari populasi. Hasil penelitian diketahui bahwa laporan keuangan pada UMKM masih sederhana dengan melakukan pencatatan transaksi yang sering terjadi dalam usahanya dan SAK ternyata masih belum dipahami para pelaku UMKM. Salah satu yang mempengaruhi hal tersebut adalah karena latar belakang pendidikan yang kurang dan sosialisasi atau pelatihan dari pihak pemerintah maupun lembaga yang membawahi UMKM masih kurang maksimal sehingga pemahaman akan pentingnya laporan keuangan masih belum dipahami pelaku UMKM. Saran dari hasil penelitian ini ialah pelaku UMKM diharapkan untuk menerapkan laporan keuangan berdasarkan SAK yang ditetapkan dan memulai pencatatan dengan SAK EMKM bagi pelaku UMKM yang baru memulai pencatatan ke depannya.

Keywords

Praktik Akuntansi; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Full Text:

PDF

References

Baridwan, Zaky. 2007. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Yogyakarta: YKPN.

Benjamin, W.P. 1990. Laporan Keuangan (Ikhtisar Akuntansi) Perusahaan Kecil. Prosiding Seminar Akuntan Nasional. Vol. 9: 76-95.

Kariyoto. 2015. Analisis Implementasi Akuntansi Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal. Universitas Brawijaya.

Kuraesin, Kasim. 2017. Pelatihan Akuntansi Dan Laporan Keuangan Berbasis Komputer Bagi Umkm Dan Komunitas Kendal Gede Kreatif. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 01 No. 02, ISSN : 2528-2190. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas.

Layyinaturrobaniyah & Wa Ode Zusnita Muizu. 2017. Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Di Desa Purwadadi Barat Dan Pasirbungur Kabupaten Subang. Pekbis Jurnal, Vol.9, No.2, Universitas Padjadjaran.

Teti Rahmawati, Oktaviani Rita Puspasari, 2017. Implementasi SAK ETAP Dan Kualitas Laporan Keuangan UMKM Terkait Akses Modal Perbankan. Jurnal Kajian Akuntansi, Vol 1. Universitas Kuningan.

Widyastuti Pristiana. 2017. Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bidang Jasa. Journal for Business and Entrepreneur. ISSN 2501-6682 Vol. 1 No. 1. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Indonesia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.