PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom)
Vinny Jennifer Rahareng, Ida Nurnida Relawan
Abstract
Pada saat ini, bisnis pada industri pendidikan di Indonesia sebagaimana di negara lain, sudah menjadi sebuah ajang persaingan karena semakin banyaknya perguruan tinggi yang serius memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa maupun calon mahasiswa. Dalam mengelola institusinya, Perguruan Tinggi harus mampu memberikan mutu layanan terbaik pada beberapa aspek. Pelayanan khususnya layanan akademik sebagai bisnis inti yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa sebagai konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik yang dilakukan oleh Prodi Administrasi Bisnis terhadap kepuasan mahasisiswa angkatan 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling jenis simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji t terdapat 2 variabel yang berpegaruh yaitu variabel Responsivenss (daya tanggap) dan variabel Tangible (bukti fisik), sedangkan variabel Reliability (kehandalan), Assurane (Jaminan) dan Emphaty (empati) tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji F menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Reliability (kehandalan), Responsivenss (daya tanggap), Assurane (Jaminan) , Emphaty (empati) dan Tangible (bukti fisik) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kesimpulannya ialah Kualitas Layanan Akademik pada dasarnya berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, hal ini dipengaruhi oleh bagaimana institusi tersebut mengelola kualitas layanannya
Keywords
Kualitas Pelayanan, Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness, Assurance, Kepuasan Mahasiswa
References
Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia. Salemba empat. Jakarta
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. England: Pearson Education Limited
Kotler, Philip dan Keller, Kevine Lane. (2016). Marketing Management 15th Edition. United State of America: Pearson Education Limited
Lupiyoadi, Rahmat. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa.Salemba Empat. Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorious Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Penerbit Andi. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy Ph.D, (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta