ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING MELALUI PROGRAM SIARANPADA RADIO MITRA 97.0 FM

warter Agustim

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perubahan lingkungan dalam mensuport factor-
faktor dalam pemasaran. Perubahan pola bisnis dari pasar penjual ke pasar pembeli dilakukan
oleh perusahaan dan harus mengadopsi keinginan dari konsumen. Berdasarkan kebutuhan
perusahaan dalam melakukan sekmentasi, target dan pembagian konsumen dilakukan dengan
cara program penyiaran yang diberikan kepada konsumen dengan berbedaan karakteristik
yang berbeda. Penelitian ini bertuan untuk mengetahui segmentasi, taget dan posisi (STP).
Dan untuk mengetahui implementasi yang dilakukan oleh Radio Mitra 97,0 FM Batu.
Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan merefleksikan STP. Dari hasil analisis
diketahui bahwa Radio Mitra FM melayani pasar yang luas dan membagi pelanggan
diberbagai segmen yang berbeda

Keywords

Segmentasi, Sasaran dan pemosisian, Radio Mitra 97,0 FM

Full Text:

PDF

References

Djaslim, Saladin, 1991, Unsur-Unsur

Inti Pemasaran dan

Manajemen Pemasaran,

Bandung: Mandar Maju.

Glueck dan Lawrance. 1995.

Manajemen Strategis dan

Kebijakan Perusahaan, Edisi

Ketiga, Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald, 1999. Membidik

Pasar Indonesia, Edisi Ketiga,

Jakarta

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler . P. 1991. Unsur - Unsur

Pemasaran, Jilid Satu, Edisi

kelima, Alih Bahasa Jaka

Wasana, Jakarta: Intermedia.

Kotler.P. 1997. Manajemen

Pemasaran Analisa

Perencanaan Implementasi dan

Kontrol. Edisi Bahasa

Indonesia, Jilid 1 & 2 Alih

bahasa Hendra Teguh, Rony

A. Rusli. Jakarta: PT.

Prehallindo.

Nazir, M. 1993. Metode Penelitian.

Edisi Ketiga. Jakarta :Ghalia

Indonesia Robinson, Pearce.

Manajemen Strategi

Formulasi, Implementasi dan

Pengendalian, Jilid kesatu,

Jakarta: Binarupa Aksara.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi

Pemasaran. Edisi

Kedua.Yogyakarta : Andi

Offset

Wasito, H. 1993. Metodologi

Penelitian. Cetakan Kedua.

Jakarta :PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.