ANALISIS PENILAIAN KINERJA KEUANGAN KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA KOPERASI SERBA USAHA BROSEM KOTA BATU

Risna Ningsih, Sri Andika Putri, Elly Lestari, Robertus Mada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan yang di teliti berdasarkan analisis Economic Value Added (EVA) pada Koperasi Serba usaha  Brosem Kota Batu untuk tahun 2019 sampai dengan tahun 2020. Jenis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantatitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi selanjutnya di analisis dengan menggunakan analisis EVA yang terditri dari analisis NOPAT Invested Capital dan WACC pada Koperasi Serba Usaha.  Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa nilai Economic Value Added (EVA) koperasi serba usaha Brosem Kota Batu pada tahun 2019-2020 menunjukkan nilai EVA > 0 artinya perusahaan memberikan nilai tambah ekonomis. Sedangkan pada tahun 2020 Kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha Brosem Kota Batu masih kurang baik karena nilai EVA<0 maka menunjukkan tidak terjadi proses nilai tambah ekonomis.

Keywords

Economic Value Added (EVA) dan Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References

Agustina Surya Utami & Karlina Ali. (2021). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (Eva). (Studi Pada Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Otomotif Yang terdaftar Di BEI Periode Tahun 2015-2019). MAnajemen Diversivikasi, 1(3), 6.

Astuti, D. (2004). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Darsono dan Ashari. (2005). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi Offset.

Dewi, M. (2017). Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode EVA (Economic Value Added) (Studi Kasus pada PT. Krakatau Steel Tbk Periode 2012-2016). Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 648–659.

Hanafi, M. (2003). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Harahap. (2011). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Harahap. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harmono. (2011). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis (Edisi ke 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Hefrizal, M. (2018). Analisis Metode Economic Value Added Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal

Program Studi Akuntansi, 4(1), 64–

Makmur, Maninggarjati, R., & Nur Afni Oktabianita. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) pada PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk. Jurnal Eksis, 16(2), 1–19.

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Yogyakarta: Liberty.

Risnaningsih, 2017 Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, Vol 1, (1)

, Hlm. 41-50

Sahabuddin, R. (2016). Development of buvalue and behaviours: Takalar district, South Sulawesi (Indonesia) case study. Actual Problems of Economics, 176.

Sawir, A. (2009). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tunggal, A. W. (2001). Memahami Konsep Economic Value Added (EVA) dan Value Based Management (VBM). Jakarta: Harvasindo.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.