STRATEGI MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI INOVASI LAYANAN (STUDI PADA PRODUCTION HOUSE CHARPROD)

Heru Gunadi

Abstract

Tingkat persaingan yang kompetitif pada industri production house membutuhkan strategi inovasi layanan  yang mampu menjadi faktor pembeda dengan pesaing dan menjadi upaya dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi inovasi layanan penyimpanan bahan baku pembuatan video company profile pada Production House Charprod sebagai strategi dalam membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk pengumpulan data primer. Wawancara dilakukan dengan lima narasumber yang menggunakan jasa yang diberikan oleh PH Charprod. Analisis data menggunakan reduksi data,  penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan raw material dapat membangun loyalitas pelanggan. Kelebihan inovasi layanan adalah memberikan kemudahan pada sisi pelanggan untuk melakukan pembuatan ulang video-video lain sesuai dengan kebutuhan pelanggan tanpa melakukan proses shooting ulang, cukup menggunakan materi-materi mentah yang sudah ada. Biaya yang akan dikeluarkan pelanggan lebih hemat karena hanya mencakup biaya pasca produksi.

Keywords

strategi, inovasi, layanan, loyalitas

Full Text:

PDF

References

Ascher, S., and Pincus.E,. (2012). The

Filmmaker’s Handboo, 4th ed. London: Penguin Book Ltd.

Atashfaraz, M., & Abadi, M.,H.,S. (2016). Impact Of E-Service Innovation On Brand Equality And Customer Loyality In Samsung International Corporation. Procedia Economics and Finance, 36, 327 – 335.

Cronin, J.J., Brady, M.K., & Hult, G.T.M.

(2000). Assessing The Effects of Quality, Value, and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions in Service Environments. Journal of Retailing, 76(2):193-218.

Davis, N. (2016, January 16). What is the fourth industrial revolution? Geneva. https://alejandroarbelaez.com/wp-content/uploads/2020/10/What-is-the-fourth-industrial-revolution-WEF.pdf

Foroudi, P., Jin, Z., Gupta, S., Melewar, T., C., & Foroudi, M., M. (2017). Influence of innovation capability and customer experience on reputation and loyalty. Journal of Business Research, 69(11), 4882 – 4889. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.047

Honthaner, E. L. (2010). The Complete Film Production Handbook.4th ed. Oxford:Elsevier Inc.

Mootee, I. (2013). Design Thinking for Strategic Innovation. New Jersey: John Wiley & Son.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. 7th ed. Essex: Pearson Education.

Kemenparekraf. (2021). Subsektor Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif.

Kotler, P., & Keller, K., L. (2016), Marketing Management, 15th ed. Upper Saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.

Oh, H., & Kim, K. (2017). Customer satisfaction, service quality, and customer value: years 2000-2015. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 29(1), 2–29.

Pereira, H. G., Salgueiro, M. de F., & Rita, P. (2016). Online purchase determinants of loyalty: The mediating effect of satisfaction intourism. Journal of Retailing and Consumer Services, 30(351), 279–291.

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690.

Rust, R. T., & Zahorik, A. J. (1993). Customer Satisfaction, Customer Retention, and Market Share. European Journal of Operational Research, 69(2): 193–215.

Snippies. (2022). Different Types of Production Companies. https://snippies.com.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.