ANALISIS VISUALISASI PRODUK MELALUI ENDORSMENT SELEBGRAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT KONSUMEN PADA PENJUALAN E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

Cindy Amelia

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji tentang visualiasasi produk yang dilakukan melalui endorsment selebgram dalam meningkatkan minat konsumen di penjualan e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengkaji subjek dan objek berupa beberapa toko online yang menggunakan selebgram sebagai upaya visualisasi produk di Kabupaten Tulugagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan e-commerce sebagai sarana untuk meningkatkan minat penjualan sehingga target penjualan dapat meningkat dan bisa juga sebagai sarana untuk mengetahui jangkauan dari semua kegiatan promosi yang dilakukan oleh toko online di kabupaten Tulungagung adalah semua lapisan masyarakat. Hal menguntungkan terwujud dari para pelaku usaha toko online dari memanfaatkan e-commerce dengan cara dan aturan yang tepat sehingga dalam menjalankan perannya sebagai tempat dan alat yang tepat untuk promosi dengan efektif. karena kemampuan e-commerce yang dapat membangun dan menarik minat masyarakat dengan konten tepat sasaran.

Keywords

Visualisasi Produk, Selebgram, Minat Konsumen, E-commerce

Full Text:

PDF

References

Akbar, Mohammad Aldrin, and Sitti Nur Alam. 2020. E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Alfianika, Ninit. 2018. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Deepublish.

Febriani, Nadia. 2021. “Efektivitas strategi komunikasi pemasaran celebrity endorsement di Instagram terhadap generasi Z.” Jurnal Manajemen Komunikasi 5 (2): 238–58. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.27682.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). 1st ed. Malang: Literasi Nusantara.

Hardilawati, Wan Laura, Intan Diane Binangkit, and Riky Perdana. 2019. “Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7 (1): 88–98. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.920.

Irawan, Ekariana Fitrina, and Asep Ramdhan. 2018. “Pengaruh Visualisasi Foto OOTD (Outfit of The Day) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion Terhadap Persepsi Wanita.” Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 17 (2): 6–11. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v17i2.4679.

Jubaidi, Jubaidi, Dyah Novianty, Dodhi Wahyu Sugara, Rahmansyah Putra Herwanda, and Khoirul Nasron. 2022. “Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan.” DEDIKASI PKM 3 (2): 138–48. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20165.

lexy, J. Moelong. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: rosdakarya.

Marshely, Amila, Destin Fitria Anjayani, and Sanjaya. 2022. “Pengaruh Penggunaan Promosi Online Dan Endorsement Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen.” Kalianda Halok Gagas 4 (2): 93–100.

Miles, M. B, and A.M Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Munsarif, Muhammad, Mohamad Arif Suryawan, Markani Markani, Muhammad Resha, Yuswardi Yuswardi, First Wanita, Muhammad Noor Hasan Siregar, et al. 2022. Pengantar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis.

Prasetio, Adhi, Muhammad Ashoer, Jeperson Hutahaean, Janner Simarmata, Ridha Sefina Samosir, Hafiz Nugraha, Jamaludin Jamaludin, et al. 2021. Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis.

Prasetya, Dewa Gede Ananta, Anak Agung Sagung Laksmi Dewi, and Ni Made Puspasutari Ujianti. 2022. “Tinjauan Yuridis Industri E-Commerce dalam Melakukan Kegiatan Transaksi Online.” Jurnal Konstruksi Hukum 3 (2): 365–70. https://doi.org/10.55637/jkh.3.2.4838.365-370.

Putra, Ade Dwi, and Ade Dwi Putra. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 1 (1): 17–24. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.145.

Rerung, Rintho Rante. 2018. E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.

Romindo, Romindo, Muttaqin Muttaqin, Didin Hadi Saputra, Deddy Wahyudin Purba, M. Iswahyudi, Astri Rumondang Banjarnahor, Aditya Halim Perdana Kusuma, Faried Effendy, Oris Krianto Sulaiman, and Janner Simarmata. 2019. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D. bandung: alfabeta.

Wardhana, Handika Wisnu, Zakaria Wahab, Muchsin Saggaff Shihab, and Yuliani Yuliani. 2021. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Pada E-Commerce Zalora Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi.” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 12 (3): 431–46. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.627.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.