PENGARUH IKLAN HIJAU (GREEN ADVERTISING) DAN CITRA MEREK HIJAU (GREEN BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT)

Kurnia Kurnia, Niar Astaginy, Ismanto Ismanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan hijau (green advertising) dan citra merek hijau (green brand image) terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan (green product). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Garnier di Kabupaten Kolaka dan diambil 60 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknis analisis yang digunkan untuk menguji hipotesis adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan hijau (green advertising) terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan (green product) pada brand Garnier. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung atau t-statistik yaitu 3,844 lebih tinggi dari nilai t-tabel yaitu 1,672 dan pada variabel citra merek hijau (green brand image) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan karena nilai t-hitung atau t-statistik yaitu sebesar 5,288 lebih tinggi dari nilai t-tabel yaitu 1,672. Maka dapat disimpulkan  kedua variabel dependen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel independen.

Kata Kunci: Iklan hijau; citra merek hijau; keputusan pembelian produk ramah lingkungan.

Keywords

Iklan Hijau, Citra Merek Hijau, Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan

Full Text:

PDF

References

Ahmad, F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis Green Product dan Green Marketing Strategy terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop di Manado Town Square. Emba, 4(1), 33–44.

Alabdali, N. H. (2019). Factors Affecting the Application of the Concept of Green Marketing: An Empirical Study in Saudi Food Industry Companies. International Journal of Business and Social Science, 10(6), 43–53. https://doi.org/10.30845/ijbss.v10n6p6

Albayrak, Safak, caber. (2013). The effect of environmental concern and scepticism on green purchase behavior. Marketing Intellegence & Planning, 31(1).

Alshura, M. S., & Zabadi, A. M. (2016). Impact of Green Brand Trust, Green Brand Awareness, Green Brand Image, and Green Perceived Value on Consumer’s Intention to Use Green Products: an Empirical Study of Jordanian Consumers. International Journal of Advanced Research, 4(2), 1423–1433.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. 6(1).

Andri, G. (2012). Strategi Pemasaran Dan Efektivitas Periklanan Dengan Menggunakan Metoda Komunikasi, Empati, Persuasi Dan Dampak Pada Perusahaan Pt.Bhineka Lestari Ltd. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3, 30–60.

Balawera. (2013). Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di freshmart kota manado. Jurnal riset ekonomi dan manajemen, 1(4).

Bestari. (2016). Pengaruh green brand image, green advertising dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmu dan riset manajemen, 5(5).

Bukhari A., & Rana, R. A. (2017). Factors influencing consumer ’ s green product purchase decision by mediation of green brand image. International Journal of Research, 4(7), 1620–1632.

Darmawan, E. I., Widodo, A., Bisnis, P. A., Telkom, U., Advertising, G., Image, G. B., Decision, P., Linear, R., City, B., Advertising, G., Image, G. B., Decision, P., & Linear, M. (2019). Pengaruh Green Product , Green Advertising Dan Green Brand Image Terhadap Purchase Decision Cat Tembok Nippon Paint the Effect of Green Product , Green Advertising and Green Brand Image on Purchased Decision Cat Wall Nippon Pain. 6(3), 6149–6161.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program Ibm Spss. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) (Ghozali (Ed.); 4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H (2015). Partial least square: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program smart PLS 3.0 (2nd ed.). Semarang: Universitas Dipone-goro.

Ghozali, H. H. B., & Purwanto, A.B. (2019). Green Product, Saluran Distribusi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 26(1)

Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345

Hair Jr, J.F., Sartedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2017). Advance issues in partial least squares structural equation modeling. saGe Publicatios

Junaedi, D. K., & Fatmawati, I. (2016). Anteseden pembelian produk hijau. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Jasa, 9(1), 175–186.

Khoiruman. (2020). Pengaruh Green Product, Green Price, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Essential Oil Di Rumah Atsiri Indonesia.Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1).

Kumar, P., & Ghodeswar, B. M. (2015). Factors affecting consumers’ green product purchase decisions. Marketing Intelligence and Planning, 33(3), 330–347. https://doi.org/10.1108/MIP-03-2014-0068

Laksmidewi, D. (2016). Studi Tentang Efek Green Advertising Pada Intensi. Jurnal Manajemen, XX(01), 35–47.

Lestari, E. R., Putri, H. K., Anindita, C., & Laksmiari, M. B. (2020). Pengaruh Green Product (Minuman Ramah Lingkungan), Green Advertising, Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Green Trust Dan Implikasi Terhadap Minat Beli. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.1

Makatumpias. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Dimanado. Jurnal Riset Ekonomi, 6(4).

Mariyanti, L., & Rahanatha, G. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsers Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10), 253803.

Martha, M., & Febriyantoro, M. T. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(2), 218–227. https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.6117

Mauliza, P. (2020). Pengaruh green product, green advertising dan green brand terhadap keputusan pembelian konsumen produk tupperware di smpn beureunuen putri mauliza universitas battuta. 4(3), 189–197.

Naftalia dan Suparna, E. (2017). Pengaruh Green Brand Image Dan Green Perceived Value Terhadap Green Trust Dan Green Brand Equity Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Pada era globalisasi yang semakin kompetitif , industri manufaktur di dunia dalam m. 6(12), 6526–6560.

Nurrahman, I., & Utama, D. H. (2016). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di BEC Bandung). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 56–65. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2278

Pawitaningtyas, M. (2015). Pengaruh Green Advertising Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang Konsumen Air Mineral Kemasan Botol Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86111.

Pinaria. (2018). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Nilai Terhadap Niat Beli Ulang Produk Hijau (Studi Pada Produk Kopi Merek Starbucks). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Praharjo, A., Suharyono, & Wilopo. (2011). Pengaruh Green Advertising Terhadap Persepsi Tentang Green Brand Dan Keputusan Pembelian. X, 1–9.

Rahim, M. H. A., Zukni, R. Z. J. A., Ahmad, F., & Lyndon, N. (2012). Green advertising and environmentally responsible consumer behavior: The level of awareness and perception of Malaysian youth. Asian Social Science, 8(5), 46–54. https://doi.org/10.5539/ass.v8n5p46

Rakhmawati. (2019). Hubungan Green Percieved Value, Green Brand Image, Dan Green Trust Terhadap Green Purchase Intention. Iqtishoduna, 15(1).

Ridwan, M., Fauzi D, H, A., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Green Poduct, Green Advertising, Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasa. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 80–90.

Sugiyono. (2017). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (CV.Alfabeta (Ed.)).

Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147

Silvia, F., Fauzi, A., & Kusumawati, A. (2014). Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1–9.

Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran Hijau Yang Semakin Menjadi Kebutuhan Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.26593/jab.v7i2.408.

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). the Effect of the Promotional Mix , Price Perception and Location of the. Jurnal EMBA, 3(2), 1073–1085.

Widianti. (2019). Kandungan Kosmetik yang Memberikan Dampak Buruk bagi Lingkungan.

Winarno, S. heri. (2019). Pengaruh Penerapan Green Advertising Dan Harga Premium Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 25–34. https://doi.org/10.31849/jieb.v16i1.2204

Wonua, A. R., Astaginy, N., & Ismanto (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (Untuk Karya Ilmiah Mahasiswa) (M. .Phradiansah, S.Sos. (Ed.)). Literacy Institute.

Zulaicha, I. (2016). Pembelian konsumen di Morning Bakery. Inovasi Dan BisnisISSN 2338-4840, 4(2), 125–136.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item Supplementary files - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.