PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SIMPANG TIGA KECAMATAN BANYUKE HULU KABUPATEN LANDAK

Nopiani Nopiani, Cahyo Sasmito

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Serta mengambarkan dan mendeskrifsikan pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan diperoleh dari data sekunder yang di ambil dari publikasi resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak belum optimal dalam pelaksanaannya. Dikarenakan belum adanya alat Rongent, belum adanya Tenaga Farmasi dan Tenaga Analis Kesehatan, masih ada yang kurang ramah, masih kurang mampu untuk menangani pasien secara cepat, masih kurang mampu untuk membuat masyarakat lebih percaya, kurang tanggap dan cepat melayani pasien dan bagi pihak Pemerintah harus lebih memperhatikan Puskesmas Simpang Tiga agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan bisa di banggakan oleh masyarakat Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak.

Keywords


kualitas pelayanan; kesehatan masyarakat; puskesmas simpang tiga kecamatan banyuke hulu

Full Text:

PDF

References


Anita Betri. Dkk. 2019. Puskesman Dan Jaminan Kesehatan Nasional, Yogyakarta : Cv Budi Utama.

Asun, 2015 Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak, UNTAN. Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Negara Volume 4, nomor 4 (2015), (Online) https://docplayer.info/41478004-Kualitas-pelayanan-kesehatan-masyarakat-di-puskesmas-simpang-tiga-kecamatan-banyuke-hulu-kabupaten-landak.html. Diakses Pada Tanggal 18 Februari 2016.

Effendy Nasrul Dkk. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas, Jakarta. Salemba Medika.

Ismainar Hetty. 2015. Administrasi Kesehatan Masyarakat, Deepublish.

Moeljono Djokosantoso. 2006. Budaya Korporat Dan Keunggulan Korporasi, Jakarta, Pt. Elex Media Komputindo.

Nugraheni Hermien. Dkk. 2018. Kesehatan Masyarakat Dalam Determinal Sosial Budaya, Yogyakarta Cv Budi Utama.

Nurul Huda. Dkk. 2017. 176 Current Issues Lembaga Keuangan Syariah, Kencana Prenademedia Group.

Pati Mgmp Tim. 2019. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Riyadi Machli 2018. Teori Iknemook Dalam Mediasi Malapraktik Medik, Jakarta, Prenadamedia Group.

Swajarna Ketut I. 2017. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Yogyakarta Cv. Andi Offset.

Suharto Sugeng. 2019. Kajian Survey Kepuasan Layanan Publik Dan Kebijakan Pemerintah Daerah Propinsi Bengkulu Dalam Bidang Kesehatan (2018), Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Pasal 28 H Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Standar Pelayanan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/ref.v7i1.1342

Article metrics

Abstract views : 122 | views : 37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi