PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENYEBARAN INFORMASI KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT (Studi Kualitatif tentang Pemanfaatan Media Komunikasi dalam Penyebaran Informasi Kesehatan di Desa Cimanggu, Kab. Bandung Barat)

Ditha Prasanti, Ikhsan Fuady

Abstract

Artikel ini membahas tentang pemanfaatan media komunikasi yang dilakukan oleh tenaga medis dan tim kader dalam penyebaran informasi kesehatan kepada masyarakat di desa Cimanggu, kab.Bandung Barat. Media memegang peranan penting dalam menunjang kelancaran proses komunikasi yang dialami oleh setiap individu. Media komunikasi pun berangsur mengikuti perkembangan teknologi yang modern. Dalam hal ini, penulis ingin mengetahui media komunikasi yang digunakan dalam penyebaran informasi kesehatan kepada masyarakat di desa Cimanggu, kab.Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media komunikasi yang digunakan dalam penyebaran informasi kesehatan kepada masyarakat terdiri dari media cetak berupa pamflet, banner, spanduk, dan poster; serta media digital berupa aplikasi media sosial, yaitu whatsapp. Pemanfaatan media komunikasi tersebut juga didukung melalui proses penyuluhan yang dilakukan oleh tenaga medis bekerjasama dengan tim kader yang berada di desa Cimanggu, kab.Bandung Barat

Keywords

Pemanfaatan; Media Komunikasi; Informasi Kesehatan; Bandung Barat

Full Text:

PDF
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.