MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MPd) DI KABUPATEN BOJONEGORO

Ahmad Suprastiyo, Musta’ana Musta’ana

Abstract

Abstrak : Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan PNPM-PMd mulai tahun 2009 sampai dengan tahun 2015. Tercapainya visi PNPM-MPd pada tingkat Kabupaten diharapkan juga akan tercapai pada tingkat Nasional. Namun dalam kenyataannya kesejahteraan masyarakat masih dirasa jauh dari harapan dan tujuan Negara Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektifitas konsep pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan, studi di Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive snowball sampling. Analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/ verifying. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk Visi PNPM-MPd di Kabupaten Bojonegoro masih belum tercapai walaupun sebagaian keluaran programnya sudah tercapai. Hal ini terjadi pada output program peningkatan pelayanan sosial dasar dan ketersediaan akses ekonomi terhadap rumah tangga miskin belum tercapai, padahal output tersebut yang secara langsung berdampak pada obyek masyarakat miskin di perdesaan.

Kata kunci : PNPM-MPd, Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan.

Full Text:

PDF
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.