Good Governance: Analisis Efisiensi dan Transparansi Pada Aplikasi Simaniz di Kabupaten Bojonegoro
Abstract
Technological developments in an increasingly advanced era make very important needs for the community, at this time the government is required to make the fulfillment of services that can satisfy the community by utilizing technological developments and encouragement from the community to provide better services. This study aims to determine whether the simaniz application has operated effectively and openly in providing public services. This research examines the implementation of online service programs that contain data, understanding of technology, and also wider access that can also be reached easily. Qualitative research conducted with field observations and interviews with several informants. The focus of this research is on the users of the simaniz application as well as the implementors who are responsible for the implementation of the simaniz application. The results of this study are that the community, especially in the Bojonegoro district area, can use non-business and non-licensing services easily by using the simanis application, the community feels comfortable in using electronic services because they can access anywhere and the requirements in it are not too complicated. The public can also find out and monitor how far the submission has been processed.
Abstrak
Perkembangan teknologi di era yang semakin maju menjadikan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, disaat ini pemerintah di tuntut untuk menjadikan pemenuhan pelayanan yang dapat memuaskan masyarakat dengan memanfaatkan dari perkembangan teknologi dan dorongan dari masyarakat untuk melakukan pelayanan yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah aplikasi simaniz telah beroperasi secara efektif dan terbuka dalam memberikan layanan publik. Pengkajian penelitian ini pada program pelaksanaan pelayanan dengan online yang memuat data, pemahaman teknologi, dan juga akses yang semakin luas juga dapat dijangkau dengan mudah. Penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan pengamatan di lapangan dan wawancara dengan bebeapa informan. Fokus penelitian ini yaitu kepada pengguna aplikasi simaniz juga kepada implementor yang bertanggungjawab atas pelaksanaan aplikasi simaniz. Hasil dari penelitian ini yaitu masyarakat khususnya pada daerah Kabupaten Bojonegoro dapat menggunakan pelayanan non bisnis dan non perizinan secara mudah dengan menggunakan aplikasi simanis, masyarakat merasakan kenyamanan dalam penggunaan pelayanan elektronik karna dapat mengakses dimanapun dan persyaratan yang ada didalamnya tidak telalu ribet. Masyarakat juga dapat mengetahui dan mengawasi sampaimana pengajuan yang telah diproses.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badruzaman, J. (2012). Pengaruh Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terhadap Penerapan Good Governance. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 57–70.
Batubara, A. H. (2006). Konsep Good Governance Dalam Konsep Otonomi Daerah. Analisis Administrasi Dan Kebijakan, 3, 1–6.
Cahyadi, A. (2017). Penerapan Good Governance dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good Governance Di Kecamatan Sukolilo Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2). https://doi.org/10.30996/jpap.v3i2.1255
Carolina, F. A. (2015). BAB III Metodologi Penelitian. 1, 15–26.
Creswell, J. W. (2016). Metode Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 38–61. https://repositoryfisip.unla.ac.id/browse/previews/3510#:~:text=Menurut John W. Creswell dalam,dari masalah sosial atau kemanusiaan.
Dedi Sasongko. (2020). Quo Vadis Layanan Publik Indonesia. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-kalbar/baca-artikel/13189/Quo-Vadis-Layanan-Publik-Indonesia.
Dt, K. (2009). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pelayananan Publik. DEMOKRASI, VIII.
Indrajit, E., Government, E., Pelayanan, K., Berbasis, P., & Informasi, T. (2006). Electronic Government : Konsep Pelayanan Public Berbasis Internet dan Teknologi Informasi, APTIKOM, 2006 1. DIGILIB FISIPOL UGM.
Irawan, B. (2013). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradugma, 2, 174–201.
Jefri, R. (2018). Teori stewardship dan good governance. Jurnal Riset Edisi XXVI, 4(3), 14–28. https://economicsbosowa.unibos.id/index.php/eb/article/view/162
Kusuma, T. P., Setyadi, D. S., Andaru, I. W., & Roziqin, A. (2022). Reformasi Birokrasi Dalam Aspek Efisiensi Dan Transparansi Pada Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Kota Batu. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(1), 1. https://doi.org/10.31602/as.v7i1.5160
Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22
Mal, G., Publik, P., Veteran, J. L., Bojonegoro, N. O., Dinas, K., Modal, P., Pelayanan, D. A. N., & Satu, T. (2023). Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (Issue 227, p. 19721127).
Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik : Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu.
Muhammad Zayyan Nadhief. (2023). Perbandingan Pelayanan Publik di Indonesia dengan Luar Negeri. Gemarnews. https://www.gemarnews.com/2023/05/perbandingan-pelayanan-publik-di.html
Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan pelayanan publik (studi tentang elemen sukses pengembangan e-government di pemerintah kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 32–42. https://www.academia.edu/download/64644054/228481721.pdf
Nurdiani, N. (2014). TEKNIK SAMPLING SNOWBALL DALAM PENELITIAN LAPANGAN. 5(9), 1110–1118.
Oktavia, R. N., & Anadza, H. (2021). Efisiensi Inovasi Layanan dalam Program Jebol Anduk ( Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang ) Jurusan Administrasi Negara , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Malang , Jl . MT Haryono 193 Malang , 65144 , Indone. Jurnal Respon Publik, 1(8), 63–67.
Purnamawati, D., Anadza, H., & Suyeno. (2022). Efektivitas Program Aplikasi Sistem Informasi Mojokerto dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto). Jurnal Respon Publik, 16(6), 11–18.
Rachmayanti, S. D. (2022). Penerapan Prinsip Efisiensi Dan Efektivitas Dalam Pendaftaran Penduduk Melalui Website Sintren Sebagai Perwujudan Prinsip Good Governance. Administrative Law & Governance Journal, 5(1), 75–89.
Rizkia, A., & Syarvina, W. (2022). Penerapan Teknologi Terhadap Pelayanan Publik Melalui Sistem Aplikasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3903. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=HbTXwi0AAAAJ&citation_for_view=HbTXwi0AAAAJ:9ZlFYXVOiuMC
Rosyada, A. A. (2016). Analisis Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Rangka Pelayanan Publik Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Di Kota Samarinda. 4(1), 102–114.
Sriwidodo, J., Budisetyowati, D. A., & Taher, P. (2023). Kebijakan Publik Yang Berbasis Hak Asasi Manusia. 17(2), 255–272.
Suci Pratiwi, C. (2020). Implementasi E-Government Pada Situs Web Pemerintah Menuju Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Open Government Di Provinsi Jambi. Jurnal Khazanah Intelektual, 2(1), 109–126. https://doi.org/10.37250/newkiki.v2i1.18
Suhartoyo. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ). 2(1), 143–154.
Tranggana, A. ulung. (2022). Pemprov Jatim Sabet Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik 2021 dari KemenPAN-RB. Rmol.Id. https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.11
Wiwin Kadek & Eka Putu, U. U. D. (2022). Jurnal cakrawarti, vol. 05 no. 01 feb - jul 2022 penerapan pelayanan publik berbasis. 05(01), 45–56.
Refbacks
- There are currently no refbacks.