Gerakan Pemuda Sadar Literasi di Sekitar Kampus Universitas Wisnuwardhana Malang (GEMAR LITERASI)

Dian Rokhmawati, Novita Rifaul Kirom, Eny Dyah Yuniwati

Abstract

The World Economic Forum (WEF) 2020 report on the "Top 10 Skills of 2025" states that the skills needed in 2025 include innovation skills, active and strategic learning, solving complex problems, critical thinking, and analysis, originality and initiative, leadership skills and social influence, use of technology, programming skills, and argumentation. One essential skill that is urgent, fundamental, and a prerequisite for mastering other skills is literacy. Sawojajar Village, RW. X is the environment around the Wisnuwardhana University Malang campus which is the target of the GEMAR LITERASI service program (The Youth Movement of Literacy Awareness Around Wisnuwardhana University). The targets in this activity are youth, including members of the youth group. The purpose of the SEMAR MESEM program is to encourage youth to develop essential literacy skills actively, namely reading and writing through short story writing and blogging training. From this activity, 78% of participants (33) considered this training necessary. The overall condition of youth literacy is still low, represented by 32% who rate their literacy insight as good, only about 56% of youth update information/news, 45% of youth review the truth of information, and only about 35% of youth like to write or record important information.

ABSTRAK

Laporan World Economic Forum (WEF) 2020 mengenai “Top 10 Skills of 2025” menyebutkan bahwa keterampilan yang dibutuhkan di tahun 2025 antara lain keterampilan berinovasi, belajar aktif dan strategis, memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis dan analisis, orisinil dan inisiatif, ketrampilan memimpin dan mempengaruhi secara sosial, pemanfaatan teknologi, ketrampilan programming, dan membangun argumentasi. Salah satu ketrampilan dasar yang urgen, fundamental dan prasayarat penguasaan ketrampilan lainnya ialah literasi. Kelurahan Sawojajar RW. X merupakan lingkungan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana Malang yang menjadi sasaran program pengabdian GEMAR LITERASI (Gerakan Pemuda Sadar Literasi di Sekitar Kampus Universitas Wisnuwardhana Malang). Target yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah pemuda termasuk anggota karang tarunanya. Tujuan program ini adalah mendorong pemuda untuk giat mengembangkan kemampuan berliterasi dasar yaitu membaca dan menulis melalui pelatihan penulisan cerpen dan blogging. dari kegiatan ini 78% peserta dari 33 orang menilai pelatihan ini penting. Kondisi literasi pemuda secara keseluruhan masih rendah yang direpresentasi dengan 32% yang menilai wawasan literasinya baik, hanya sekitar 56% pemuda melakukan update informasi/berita,  45% pemuda melakukan penelaahan terhadap kebenaran informasi dan hanya sekitar 35% pemuda gemar menulis atau mencatat informasi penting.

Keywords

literacy skills; short story writing; blogging

Full Text:

PDF

References

World Economic Forum (WEF), “Top 10 work skills 2025,” 2020. [Online]. Available: https://www.weforum.org/agenda/2020/10/top-10-work-skills-of-tomorrow-how-long-it-takes-to-learn-them/%0Atop 10 skills 2025

E. Devega, “TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos,” KomInfo, 2022. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

I. V. S. Mullis, M. O. Martin, P. Foy, and K. T. Drucker, PIRLS 2011 international results in reading. ERIC, 2012.

S. S. W. Lubis, “Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian,” 2020.

A. Hidayah, “Pengembangan Model Til (The Information Literacy) Tipe The Big6 dalam Proses Pembelajaran sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah,” Muhammadiyah University Makassar, 2017.

J. Warsihna, “Meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 67–80, 2016.

R. Kern, Literacy and language teaching. Oxford University Press, 2000.

S. Ediyono and A. Alfiati, “Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa,” An-Nuha J. Kaji. Islam. Pendidikan, Budaya Dan Sos., vol. 6, no. 2, pp. 183–194, 2019.

A. P. Ati and S. Widiyarto, “Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa smp kota bekasi,” Basastra, vol. 9, no. 1, pp. 105–113, 2020.

N. Rohayati, “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Android,” J. Literasi, vol. 2, no. 1, pp. 65–70, 2018.

H. Hartono And D. Budiyanto, “Peningkatan Kompetensi Menulis Cerita Pendek Melalui Teknik Transformasi Teks Puisi Dan Co-Creative Writting,” Litera, Vol. 20, No. 1, Pp. 72–85, 2021.

S. R. Ariani, M. Widodo, And S. Samhati, “Hubungan Minat Baca Dan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Kelas X Sma,” J. Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), vol. 3, no. 2, 2015.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.