Strategi Menulis Teks Promosi (Copywriting) di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Onlineshop

Widya Dara Anindya

Abstract

The struggle of finding a job during the Covid-19 pandemic and social restrictions makes people more creative in looking for opportunities to improve the household economy, online selling on Instagram. Unfortunately, many sellers do not understand the effective way of online selling. Most sellers upload the product images without adding the promotional text in Instagram's caption. The purpose of the program is to understand online shop owners on the importance of writing promotional text (copywriting) on Instagram captions to increase product sales. This program was carried out online, namely using a zoom meeting, so it is hoped that it can reach more online sellers and avoid direct interactions to break the chain of spreading the Covid-19 virus. This activity was addressed for online shop owners, whose products are clothes, shirts, skincare, and other women's products. There were 65 participants from East Java, such as from Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban, Tulungagung, Madiun, Jember, Banyuwangi and also from Bandung, West Java that attended the program. Online shop owners can understand how to write attractive copywriting and practice the copywriting technique on Instagram captions by participating in this program. Writing Instagram captions can attract engagement of customers so that it can increase the Instagram traffic. As a result, there was an increase in sales and an expansion of the online shop marketing network.

ABSTRAK

Sulitnya mencari pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan sosial menjadikan masyarakat semakin kreatif mencari peluang guna meningkatkan perekonomian keluarga, salah satunya dengan cara berjualan online di Instagram. Sayangnya, banyak yang tidak memahami kiat- kiat berjualan online. Kebanyakan penjual cenderung mengunggah gambar produk saja tanpa menuliskan teks promosi di caption instagram. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman tentang pentingnya menulis teks promosi (copywriting) di caption Instagram kepada pemilik onlineshop untuk dapat meningkatkan penjualan produk. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring yaitu menggunakan zoom meeting, sehingga diharapkan dapat menjangkau lebih banyak penjual online serta dapat mengurangi interaksi secara langsung dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Kegiatan ini ditujukan kepada pemilik onlineshop yang menjual produk makanan, pakaian, skincare ataupun produk- produk wanita lainnya. Terdapat 65 mitra yang mengikuti kegiatan ini, yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban, Tulungagung, Madiun, Jember, Banyuwangi dan dari Jawa Barat yaitu dari Bandung. Dengan mengikuti kegiatan ini, para pemilik onlineshop mendapatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai penulisan teks promosi (copywriting) yang dapat menarik minat pembeli serta dapat mempraktikkan penulisan teks promosi (copywriting) di caption Instagram. Penulisan caption Instagram dapat memancing engagement dari pelanggan sehingga dapat meningkatkan traffic Instagram. Hasilnya, terjadi peningkatan penjualan dan perluasan jaringan pemasaran onlineshop.

Keywords

copywriting; covid-19; instagram; online sales; online shop

Full Text:

PDF

References

Hukumonline.com, “Peraturan Pemerintah No 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Nasional Berskala Besar,” vol. 2019, pp. 1–5, 2020.

R. H. Sayuti, D. Siti, and A. Hidayati, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat di Nusa Tenggara Barat,” RESIPROKAL J. Ris. Sosiol. Progresif Aktual, vol. 2, no. 2, pp. 133–150, Dec. 2020, doi: 10.29303/RESIPROKAL.V2I2.46.

BPS, “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019,” Badan Pus. Stat., vol. XXiI, 05 N, no. 91, pp. 1–20, 2019, Accessed: Nov. 22, 2021. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=YjdlNmNkNDBhYWVhMDJiYjZkODlhODI4&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMDYvMDQvYjdlNmNkNDBhYWVhMDJiYjZkODlhODI4L2tlYWRhYW4tYW5na2F0YW4ta2VyamEtZGktaW5kb25lc2lhLWZlYnJ1YXJpLTIwMTgu.

B. Triatmanto, A. Sanusi, and D. A. Siswati, “Strategi Mempertahankan Usaha dan Meningkatkan Peran Masyarakat di masa pandemi Covid-19 pada Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik Zheng,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 142–152, Jan. 2021, doi: 10.33366/jast.v4i2.2063.

F. N. Khasanah, S. Rofiah, and D. Setiyadi, “Metode User Centered Design Dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 86–95, Aug. 2019, Accessed: Dec. 20, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/jast/article/view/1443.

D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.

“Perbedaan Hard Selling dan Soft Selling - Akudigital.” https://www.akudigital.com/bisnis-tips/perbedaan-hard-selling-dan-soft-selling/ (accessed Aug. 13, 2021).

“(PDF) Measuring soft-sell versus hard-sell advertising appeals.” https://www.researchgate.net/publication/259834596_Measuring_soft-sell_versus_hard-sell_advertising_appeals (accessed Aug. 30, 2021).

“Belajar Copywriting: Cara Lengkap ‘Menjual’dengan Tulisan.” https://www.niagahoster.co.id/blog/copywriting-adalah/ (accessed Aug. 20, 2021).

“Formula AIDA untuk Menulis dalam Copywriting - Artikel | Campus Digital.” https://campusdigital.id/artikel/formula-aida-untuk-menulis-dalam-copywriting?ref=farisfanani (accessed Aug. 20, 2021).

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.