Program Kemitraan Masyarakat Universitas Widyagama Malang Pada Usaha Peningkatan Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Pemula

Gigih Priyandoko, Faqih Rofii, Agus Tugas Sujianto

Abstract


Tempe is one of Indonesia's traditional foods that has long been known. In various regions in Indonesia, there are many types of processed foods made from soybeans. However, there are various obstacles in conducting tempe chips business for beginners. The goal to be achieved in this program is first, to find a knife to cut tempe with thinner results, resulting in many slices of chips and more crispy. Second, the need to redesign the tempe chip wrapper package which is more interesting for buyers. Third, giving a more specific brand to make it easier for buyers to remember the product and the fourth is the need to produce a variety of flavours of tempe chips to reach a wider audience. The evaluation of the successful implementation of the community service program was carried out by making a questionnaire to the buyer to find out how much the tempe chip producer partners took the effect of the changes before and after some actions. The result is that making a larger knife can produce thinner slices. The packaging design has been modified and the trademark has been given a clear name, Aulia. For flavour variants, many buyers choose the original taste of tempe chips.

ABSTRAK

Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah lama dikenal. Di berbagai daerah di Indonesia, banyak sekali jenis olahan makanan berbahan dasar kedelai. Walau bagaimanapun terdapat berbagai kendala dalam melaksanakan bisnis kripik tempe bagi pemula. Tujuan yang akan dicapai dalam program kali ini adalah pertama, mencari pisau untuk memotong tempe dengan hasil yang lebih tipis, sehingga menghasilkan jumlah irisan kripik yang lebih banyak dan lebih renyah. Kedua, perlunya mendesain ulang kemasan bungkus kripik tempe yang lebih menarik para pembeli. Ketiga, pemberian merk yang lebih spesifik untuk memudahkan pembeli mengingat produk dan yang keempat perlunya menghasilkan berbagai varian rasa kripik tempe dengan untuk menjangkau pembeli yang lebih luas. Penilaian keberhasilan pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pembuatan kuisioner kepada pembeli untuk mengetahui seberapa besar efek perubahan sebelum dan setelah dilakukan beberapa tindakan oleh mitra produsen kripik tempe. Hasilnya adalah dengan membuat pisau yang lebih besar dapat menghasilkan irisan lebih tipis. Desain bungkus telah dimodifikasi dan merk dagang telah diberi nama yang jelas yaitu Aulia. Untuk varian rasa banyak pembeli memilih rasa original kripik tempe.

 Kata kunci : kripik tempe; kedelai; bisnis; usaha kecil dan menengah (UKM)

 


Keywords


tempe chips; soy; business; small and medium enterprises (SMEs)

Full Text:

PDF

References


Vandro, “Mau Usaha Rumahan? Ini Dia Resep Keripik Tempe Renyah dan Gurih - Distributor Pusat Jual Beli Alat Mesin Usaha Anda,” 2019. https://www.rumahmesin.com/resep-keripik-tempe/ (accessed Nov. 23, 2019).

A. Z. Siregar, “Aneka Keripik Tempe Bergizi dan Tepat Guna Mendukung Kedaulatan Pangan,” p. 9, 2018.

D. R. Rahadi and E. Susilowaty, “Kreatifitas Kewirausaan Sosial dan Menggali Ide Usaha Baru Melalui Pengolahan Kripik Tempe Lupin,” vol. 1, no. 1, p. 8.

A. Andayani and S. Hambali, “Poduksi Tempe Sebagai Wirausaha Mahasiswa Santri,” Dimas J. Pemikir. Agama Untuk Pemberdaya., vol. 17, no. 2, p. 327, Apr. 2018, doi: 10.21580/dms.2017.172.2432.

Rusaidah, “Keripik Tempe Aneka Rasa yang Pasti Laku Dijual dan Sukses Bikin Keluarga Ketagihan - Bangka Pos,” 2019. https://bangka.tribunnews.com/2019/02/20/keripik-tempe-aneka-rasa-yang-pasti-laku-dijual-dan-sukses-bikin-keluarga-ketagihan (accessed Nov. 23, 2019).

F. Suryanti and K. A. Mediaswati, “Usaha Kecil dan Menengah Keripik Tempe di Kecamatan Blimbing Kota Malang Untuk Peningkatan Pendapatan Usaha,” JAST J. Apl. Sains Dan Teknol., vol. 1, no. 1, Mar. 2017, doi: 10.33366/jast.v1i1.717.

S. Bali, “Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Di Tabanan,” p. 5, 2019.

A. Maulana, “Cara Membuat Keripik Tempe dan Peluang Usahanya yang Menjanjikan | Ramesia Mesin Indonesia,” 2019. https://ramesia.com/cara-membuat-keripik/ (accessed Nov. 23, 2019).

W. Wiyaka, F. Reffiane, and F. Cahyadi, “Pemberdayaan Industri Rumah Tangga sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Tambahan Kelompok Keluarga Mitra Program Terpadu Pemberdayaan Masyarakat Berperspektif Gender Desa Langse Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2016,” E-DIMAS, vol. 8, no. 2, p. 191, Sep. 2017, doi: 10.26877/e-dimas.v8i2.1653.

W. Suryandani and A. A. Mahmudi, “Pengembangan Kualitas SDM dan Usaha Kelompok Pengrajin Tempe Desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang,” vol. 1, p. 9, 2018.

T. Kurniawati, N. Sa’ida, W. Wahono, and P. Hermoyo, “Peningkatan Produktivitas Pengusaha Tempe,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, p. 181, Mar. 2019, doi: 10.30651/aks.v2i2.2406.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/jast.v4i1.1591

Article metrics

Abstract views : 40 | views : 14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 gigih priyandoko, faqih rofii, agus tugas sujianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi

ISSN  2548-7981 (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

 

View My Stats