Teknik Design Labeling Pengembangan Model Kemasan Keripik Salak Pondoh oleh Wanita Tani Srikandi dan Karya Bhakti

Poppy Indrihastuti, Ery Yusnita Arvianti, Retno Ayu Dewi Novitawati

Abstract


Salak pondoh merupakan salah satu jenis buah salak yang cukup diminati masyarakat. Kegiatan pengabdian berupa Iptek bagi Masyarakat (IbM) kepada kelompok wanita tani Srikandi dan Karya Bhakti dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan produksi, teknik pengemasan, design labelling dan pemasaran guna menunjang omset penjualan dan nilai tambah pada keripik buah salak pondoh yang sedang mereka usahakan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan, pendampingan dan pendidikan kepada masyarakat setempat, khususnya bagi anggota kelompok wanita tani Srikandi dan Karya Bhakti. Hasil pengabdian ini adalah telah diterapkan mesin pengolah vacuum frying, branding teknik pengemasan, dan design labeling pada produk keripik buah salak pondoh.

Kata Kunci: pemasaran, teknik pengemasan, design labeling.

 

ABSTRACK

Pondoh zalacca is one type of zalacca that is quite attractive to the community. Service activities in the form of Science and Technology for the Community (IbM) to Srikandi farmer women's groups and Karya Bhakti are carried out with the aim to improve production skills, packaging techniques, design labeling and marketing to support sales turnover and added value to the pondoh zalacca chips they are seeking. The method used in this service is the method of training, assistance and education to the local community, especially for members of the Srikandi farmer women's groups and Karya Bhakti. The result of this dedication is that the vacuum frying processing machine, packaging technique branding and labeling design have been applied to the salak pondoh chips.


Keywords


marketing; packaging techniques; design labeling

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2014. Mesin Produksi Keripik Buah.http://www.vacuumfrying.com. [25 Mei 2011].

Hartono, A., & Pramono, Peni. (2012). Kemasan Apik Goda Selera dan Dongkrak Penjualan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong.2012. prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilis 1. Jakarta: Erlangga.

Marianne Rosner Klimchuk, & Sandra A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Soekartawi. 2005. Pengantar Teori Agroindustri. PT. Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press, Malang

Tjiptono, F. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, Singgih. 2013. Pedoman Pengelolaan Perusahaan Kecil. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/jast.v3i2.1471

Article metrics

Abstract views : 92 | views : 85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ery Yusnita Arvianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi

ISSN  2548-7981 (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

 

View My Stats