PENDIDIKAN PERILAKU MAKAN SEHAT MELALUI PENGEMBANGAN KANTIN SEHAT DI SMP/MTs KOTA MALANG

RR. Nugraheni Suci Sayekti, Yuswa Istikomayanti, Zuni Mitasari

Abstract


Kegiatan pengabddian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengembang IbM Kantin Sehat Menuju Sekolah Adiwiyata di SMP/MTs Kota Malang telah memberikan manfaat kepada seluruh warga sekolah terutama siswa. Kegiatan sosialisasi pendidikan perilaku makan sehat dilakukan untuk memberikan wawasan tentang kepentingan PJAS yang sehat, aman, dan bergizi melalui kegiatan penyelenggaraan makanan oleh kantin sekolah menuju kantin sehat dengan peran serta seluruh warga sekolah. Strategi yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pembimbingan (TOT) yang didampingi oleh ahli kesehatan. Kegiatan penerapan SOP pelayanan dan adab makan siswa, SOP pengelolaan kantin sehat, dan SOP sanitasi serta higienitas memberikan pengaruh terhadap perilaku makan sehat siswa di sekolah serta perilaku adab makan yang baik. Selain itu penerapan SOP tersebut juga memberikan pengaruh terhadap pengetahuan penjual kantin dan mempraktikkan kegiatan penyediaan makan sehat di sekolah.

Keywords


kantin sehat, siswa SMP, perilaku makan sehat

Full Text:

PDF

References


Anzarkusuma. I.C. Erry Y.M.,Idrus J. 2014. Status Gizi Berdasarkan Pola Makan Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Rajeg Tangerang. Indonesian Journal of Human Nutrition. Vol.1(2): 136-148.

Bagian Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2015. Situasi Pangan Jajanan Anak Sekolah. Kementerian Kesehatan RI.

BPOM. 2009. Prosiding Lokakarya Jejaring Intelejen Pangan (JIP). Program Nasional Peningkatan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya.

Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Keamanan Pangan di Sekolah Dasar.

Ditjen Pendidikan Dasar. Kemdikbud. 2014. Menuju Kantin Sehat di Sekolah.

Kristianto, Y., Bastinus D., Annasari M. 2013. Faktor Determinan Pemilihan Makanan Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 7(11): 489-494.

Patricia, A. Luann F., Rebeca J.C. 2014. Effect of Food service Nutrition Improvement on Elementary School Cafetaria Lunch Purchase Patterns. Journal of School Health. 84 (6): 355-363.

Peraturan Pemerintah RI. Nomor 19. 2005. Standar Nasional Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33366/japi.v2i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Akses Pengabdian Indonesia

Plagiarism Check and indexed by:


Universitas Tribhuwana Tunggadewi © 2017