POTENSI EKONOMI PRODUK ABON DAN DENDENG NAB-ATI

Rikawanto Eko Muljawan, Untung Sugiarti

Abstract

Program hibah skim Ipteks bagi Masyarakat (IbM), dengan sasaran para ex WTS yang berada di wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang dapat memberikan inovasi produk olahan menjadi makanan alternatif yaitu dendeng/abon nabati dengan me-manfaatkan bahan-bahan sisa tidak terjual, bahan limbah pertanian maupun bahan setempat yang berlimpah misalnya jantung pisang, jamur tiram, buah nangka muda, atau buah jambu monyet, dsb. Inovasi produk yang ditawarkan. Dengan inovasi produk olahan menjadi makanan alternatif diharapkan mereka mampu memanfaatkan bahan nabati sebagai pengganti daging untuk sebagian masyarakat yang harus men-gurangi konsumsi daging, selain itu juga meningkatkan usaha yang mampu menerobos pasar kuliner baik di wilayah Malang Raya (kota Malang, kabupaten Malang dan kota Batu) yang pada akhirnya mampu menghidupi keluarganya dan keluarga orang lain dari produk yang dihasilkan. Dari hasil praktek produk tiga perlakuan bahwa harga pem-belian bahan baku abon jantung pisang paling rendah tetapi mampu memberikan margin terbesar yaitu 187,8% sedang abon daging sapi dengan harga bahan tertinggi memberikan margin terendah yaitu 76%, kombinasi abon dari jantung pisang dan daging memberikan margin cukup besar yaitu 103,9% dibanding abon daging sapi. Dengan hasilngan tersebut maka produk abon jantung pisang dengan daging dari segi nilai gizi maupun daya beli sangat memungkin untuk dipasarkan (marketable).

Keywords

abon nabati; dendeng nabati; alat press manual serba guna; inovasi

Full Text:

PDF

References

Anonymous, 2000. Poverty Reduction Strategies Workshop. Ulaanbaatar, (http://siteresources.worldbank.org/INTPRS1/Resources/Presentations/ pmeprsnt.pdf)

Hutapea, J.,dan A.Z., Mashar. Ketahanan Pangan dan Teknologi Produktivitas Menuju Kemandirian Pertanian Indonesia. Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Ti-mur.

ILO, 2004. Gender and Poverty. A series of Policy Recommendation Decent Work and Poverty Reduction in Indonesia. P. 214-219.

Nugroho, G. 2009. Meningkatkan Ketahanan Pangan Indonesia berbasis Sumberdaya Lokal. Nugrohogalih.wordpress.com.

Sudaryanto, T. dan Rusastra, I.W., 2006, “Kebijakan Strategis Usaha Pertanian dalam Rangka Peningkatan Produksi dan Pengentasan Kemiskinan”, Jurnal Litbang Per-tanian, 25 (4), Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Bogor.

Suryahadi, Asep (2007). Persyaratan dan Unsur-unsur Evaluasi yang Baik. Materi presentasi yang disampaikan dalam program “Pengembangan Kapasitas Perencanaan Kebijakan, Monitoring dan Evaluasi Program-program yang Ber-pihak Kepada Kaum Miskin”. Bogor, 22 Mei 2007.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.