Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang

Abdul Rachman, Sunardi Sunardi, Aisyah Defy R Simatupang, Shofiah Tidjani, Martavevi Azwar

Abstract

Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) adalah kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM Kedu Emas di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) merupakan program gratis yang ditawarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui BPJPH. Program tersebut merupakan salah satu strategi dalam mengakselerasi peningkatan jumlah pelaku UMKM yang tersertifikasi halal di Indonesia. Metode pada kegiatan ini yaitu PAR (Participatory Action Research) yaitu metode yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pendampingan proses produk halal di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Pelaku usaha yang didampingi adalah pelaku usaha yang bergabung dalam kelompok Kedu Emas dengan berbagai macam produk baik produk makanan seperti siomay, pempek, keripik singkong, keripik kentang, dan sebagainya. Pendampingan ini dilakukan untuk dapat melatih dan mendampingi para pelaku UMKM dalam mengisi Manual SJPH, mengisi aplikasi SiHalal dan menginput data produksi pada aplikasi SiHalal serta melakukan verifikasi dan validasi pada produk yang didaftarkan pada program SEHATI. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah tersertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang didampingi sehingga memiliki nilai tambah pada produk yang diproduksi dan terjamin kehalalan produk yang sudah disertifikasi halal melalui program sertifikasi halal gratis (SEHATI).

Keywords

halal; pendampingan; sehati; Tangerang

Full Text:

PDF

References

Putri, E.A. 2021. Kewenangan MUI Pasca Terbitnya PP No. 31 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Krtha Bhayangkara, 15(2):333-350.

Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., dan Dharma, B.A. 2019. Pentingnya penyuluhan sertifikasi jaminan produk halal untuk usaha kecil menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian, 1(2):139-150.

Suzery, M., Widayat, W., Cahyono, B., dan Al-Baarri, A.N.M. 2020. Proses Perbaikan Produksi Dalam Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi Paguyuban Usaha Kuliner. Indonesia Journal of Halal, 2(2):53-57.

Ulfin, I., Rahadiantino, L., Ni’mah, Y.L., dan Juwono, H. 2022. Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1):10-17.

Sahabudin, A., Saleh, N., dan Rahmawati, R., 2022. Kesenjangan Digital Pada Peserta Pelatihan Online Pendamping Produk Halal. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 2(2):105-114.

Rafianti, F., Krisna, R., dan Radityo, E. 2022. Dinamika Pendampingan Manajemen Halal Bagi Usaha Mikro dan Kecil Melalui Program Self Declare. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1):636-643.

Kasanah, N dan Sajjad, M.H.A. 2022. Potensi, Regulasi, dan Problematika Sertifikasi Halal Gratis. Journal of Economics, Law, and Humanities, 1(2):28-41.

Jakiyudin, A.H dan Fedro, A. 2022. Sehati: Peluang dan Tantangan Pemberian Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku UMK di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 7(2):182-194.

Khairunnisa, H., Lubis, D., dan Hasanah, Q., 2020. Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara'ah, 8(2):109-127.

Gunawan, S., Rakhmawati, N.A., Aparamarta, H.W., Darmawan, R., Pradhana, Y.W., dan Prabowo, A. 2022. Merajut Ekosistem Industri Halal dalam Menumbuhkembangkan Usaha Kompetitif Melalui Merdeka Belajar. Sewagati, 6(4):427-436.

Saefullah, M., Atmoko, G.S., Ivadah, N., Salsabil, M., Sulistiyowati, S., Putri, E.M.S., Rojab, A.A., Musthofa, M.I., Zaky, J.S., Hidayati, S., dan Janah, L.K. 2023. Peran UNSIQ Halal Center (UHC) Dalam Mendukung Sertifikasi Halal Pada Umkm Di Desa Binangun Kecamatan Watumalang Wonosobo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1):15-21.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.