Upaya Memaksimalkan Potensi Lokal Bagi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Pembinaan Tata Kelola BUMDes Sabar Alim, Desa Balesari Kabupaten Malang

Mimin Anwartinna, Sukma Ayu Putri, Ariandi A. Zulkarnain

Abstract

 Peningkatan peranan serta penguatan kelembagaan BUMDes di Indonesia saat ini menjadi fokus utama bagi semua desa di Indonesia sebagai sarana untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Upaya mendorong pembangunan desa lewat berbagai aspek seperti bagaimana memanfaatkan potensi desa secara maksimal dan menggali potensi desa yang lebih banyak lagi, juga menjadi goals BUMDes. Seperti halnya di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebagai salah satu desa yang lokasinya relatif jauh dari pusat kota, pada kenyataannya, Desa Balesari menyimpan begitu banyak potensi asli desa yang belum diberdayakan secara maksimal. Berdirinya BUMDes Sabar Alim yang sejatinya diharapkan dapat menjadi “mesin tambahan” pendorong kemajuan Desa Balesari dan perbaikan ekonomi masyarakat lokal, pada faktanya belum bisa memenuhi cita-cita besar tersebut. BUMDes Sabar Alim masih mengalami berbagai kendala dalam menjalankan perannya, diantaranya, kurangnya tenaga (SDM) kompeten yang duduk dalam jajaran pengurus BUMDes, minimnya pengetahuan dan arus informasi yang didapat terkait peranan BUMDes, hingga belum terjalinnya kemitraan antara BUMDes dengan beberapa perusahaan besar yang berlokasi di area Desa Balesari. Padahal Desa Balesari menyimpan begitu banyak potensi didalamnya, seperti Bunga Mawar berkualitas tinggi, kopi asli Balesari, Ubi Jalar, Jahe, hingga potensi lahan yang potensial dijadikan kawasan wisata. Serangkaian hal inilah yang menjadi perhatian kami untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bentuk kegiatan sosialisasi langsung dan memotivasi para pengurus BUMDes Sabar Alim dengan tujuan BUMDes Sabar Alim nantinya dapat lebih berdaya dan profesional dalam melaksanakan perannya sebagaimana mestinya menjadi pendorong sekaligus penggerak bagi pembangunan desa dan ekonomi lokal. 

Keywords

BUMDes Sabar Alim; Desa Balesari; pembangunan desa

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKDSP) Fak. Ekonomi Universitas Brawijaya. 2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan BUMDes. Disebarluaskan oleh Pimpinan Pusat Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara. Jakarta.

Kabupaten Malang Satu Data. 2020. Kondisi Geografis (Geographical Conditions). Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. 636 Halaman.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa. Jakarta. 52 Halaman.

Term of Reference (TOR) Pembangunan Inklusif Desa Balesari Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Tahun 2021.

Kencanawati, N. 2020. Materi Pengantar Manajemen BUMDES. Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMPD Provinsi Jawa Barat, Dirjen Bina Pemerintahan Desa, 2020. Potensi Desa dan Kelurahan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.