Pelatihan Teknologi Asap Cair Sekam Padi Sebagai Pestisida Organik Di Desa Rasau Jaya Tiga, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya

Ida Ayu Suci, Agus Suyanto, F. Tamtomo F. Tamtomo

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melibatkan mitra Kelompok Tani Maju di Desa Rasau Jaya Tiga. Terdapat permasalahan yang dihadapinya yaitu produktivitas tanaman padi diketahui masih sangat rendah, kurangnya pengetahuan petani dalam pemanfaatan teknologi pertanian, petani lebih dominan menggunakan pestisida kimia sintetik dibandingkan pemakaian pestisida organik, dan keterbatasan petani dalam memenuhi kebutuhan pestisida kimia sintetik karena harganya yang semakin mahal. Program PKM ini bertujuan untuk membantu petani meningkatkan produksi tanaman padi melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan teknologi asap cair dari sekam padi sebagai pestisida organik serta meningkatkan wawasan para petani untuk memproduksi sendiri asap cair sehingga dapat mendukung perekonomian masyarakat desa. Metode yang dilakukan adalah Participatory Learning and Action, semua peserta aktif terlibat dalam diskusi dan praktik pembuatan asap cair. Substansi materi yang diberikan yaitu pengenalan asap cair, manfaat asap cair, diseminasi asap cair, teknologi pembuatan asap cair, dan aplikasi asap cair untuk pestisida organik. Selain itu dilakukan pula pelatihan manajemen produksi untuk menumbuhkan jiwa wirausaha kelompok tani. Hasil kegiatan PKM menunjukkan pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai asap cair sebagai pestisida organik meningkat. Adapun teknologi yang dihasilkan adalah teknologi pembuatan alat pirolisis untuk pembuatan asap cair, teknologi pembuatan asap cair dari limbah sekam padi, dan teknologi pemanfaatan asap cair.

Keywords

asap cair; pestisida organik; sekam padi

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya. 2016. Statistik Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kubu Raya. BPS Kabupaten Kubu Raya, Sungai Raya, Kalimantan Barat.

Iskandar, T., dan Fitri A. 2018. Asap Cair dan Biochar Hasil Proses Pirolisis Sekam Padi dan Biomassa Lainnya sebagai Income Generating Unit di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 2(2):81-87.

Nurlailah, L., dan Syamsiah M. 2018. Aplikasi Asap Cair Suren terhadap Bakteri Xanhtomonas oryzae Pv. oryzae Penyebab Hawar Daun Bakteri pada Padi secara In Vitro. Agroscience, 8(2):198-211.

Tima, L.S. 2016. Pemanfaatan Asap Cair Kulit Biji Mete sebagai Pestisida. Journal of Chemical Process Engineering, 1(2):16-22.

Basri, A.B. 2010. Manfaat Asap Cair untuk Tanaman. Jurnal Serambi Pertanian, 4(5):20-22.

Ariyani, D., Rasy, M., dan Harlianto, D.U.Y.A. 2015. Studi Kajian Kandungan Senyawa pada Asap Cair dari Sekam Padi. Prosiding Seminar Nasional Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, ISBN, 978-602-0951-05-8.

Istiqomah dan Kusumawati, D.E. 2019. Potensi Asap Cair dari Sekam untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Produksi Padi (Oryza sativa L.). Buana Sains, 9(2): 23-30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.