Literasi Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan Remaja

Ilfa Khairina, Susmiati Susmiati, Nelwati Nelwati, Dally Rahman

Abstract

Bonus demografi di Indonesia saat ini menjadi tantangan bagi dunia kesehatan di Indonesia. Dimana 16,81% dari populasi usia produktif adalah remaja sehingga perilaku kesehatan remaja menjadi penting untuk diperhatikan agar terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tujuan menghasilkan sumberdaya manusia yang berdaya saing dan memiliki kompetensi dalam mendapatkan pekerjaan. Kompetensi dan kemampuan berdaya saing bisa didapatkan oleh siswa yang sehat secara fisik dan psikologis. Tujuan pengabdian masyarakat yaitu peningkatan perilaku kesehatan dalam kegiatan ini berupa promosi dan edukasi menggunakan media booklet bergambar yang disesuaikan dengan tumbuh kembang remaja. Literasi kesehatan merupakan salah satu metode untuk menyampaikan informasi kesehatan kepada para siswi agar perilaku kesehatan dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku kesehatan mencakup sanitasi dan hygiene dan kesehatan reproduksi, kesehatan mental, diet sehat, penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol, merokok, serta aktivitas fisik. Untuk mengevaluasi kegiatan ini, dilakukan pengukuran tingkat pengetahuan remaja mengenai perilaku kesehatan remaja dari tujuh aspek tersebut, sebelum dan sesudah program edukasi diberikan. Hasil pengabdian menunjukan 42 peserta literasi kesehatan yang terlibat dalam kegiatan ini, terdapat peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah kegiatan. Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman dari keenam dimensi perilaku kesehatan remaja. Dengan meningkatkan derajat literasi kesehatan remaja diharapkan semakin meningkatkan kesadaran diri remaja untuk menjaga kesehatan, memiliki perilaku kesehatan yang positif agar meminimalkan resiko terhadap penyakit degeneratif, penyakit kronis, penyakit menular, dan permasalahan kesehatan jiwa yang berat.

Keywords

literasi kesehatan; perilaku kesehatan remaja; remaja

Full Text:

PDF

References

Caldwell, E.P and Melton, K. 2020. Health Literacy of Adolescents. Journal of Pediatric Nursing, 55:116-119.

Fleary, S.A., Joseph, P., and Pappagianopoulos, J.E. 2018. Adolescent Health Literacy and Health Behaviors: A Systematic Review. Journal of Adolescence, 62:116-127.

Kusumawardani, N., Rachmalina, Wiryawan, Y., Anwar, A., Handayani, K., Mubasyiroh, R., Angraeni, S., Nusa, R.R.E.S., Cahyorini, Rizkianti, A., Friskarini, K., dan Permana, M. 2015. Perilaku Berisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. PUSLITBANG. Kementerian Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Mbanda, N., Dada, S., Bastable, K., Ingalill, G.B., and Ralf, S.W. 2020. A Scoping Review of The Use of Visual Aids in Health Education Materials for Persons with Low-Literacy Levels. Patient Education and Counseling, 104(5):998-1017.

Aljassim, N and Ostini, R. 2020. Health Literacy in Rural and Urban Populations: A Systematic Review. Patient Education and Counseling, 103(10):2142-2154.

Ajeel, L.Y.A., Chong, M.C., Tang, L.Y., Wong, L.P., and Raimi, A.M.A. 2020. The Effect of Health Education on Knowledge and Self-Care Among Arabic Schoolgirls With Primary Dysmenorrhea in Malaysia. The Journal for Nurse Practitioners, 16(10):762-767.

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2021. Pedoman Manajemen Penyakit Tidak Menular Tahun 2019. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 101 Halaman.

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2020. Pedoman Manajemen Penyakit Tidak Menular Tahun 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Atmaka, D.R., Ningsih, W.I.F., and Maghribi, R. 2020. Dietary Intake Changes in Adolescent Girl After Iron Deficiency Anemia Diagnosis, Health Science Journal of Indonesia, 11(1):27-31.

World Health Organization (WHO). 2005. Nutrition in Adolescence: Issues and Challenges for the Health Sector. WHO Library Cataloguing-in-Publication Data 2020. World Health Organization (WHO). Swiss. 115 Halaman.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.