Pelatihan Pembuatan Video Tutorial Untuk Mata Kuliah Praktikum Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Aplikasi Bandicam

Oryz Agnu Dian Wulandari, Prayoga Pribadi, Niken Widia

Abstract

Proses sistem pembelajaran di Indonesia saat ini mengalami hambatan. Hambatan tersebut terjadi akibat adanya wabah pandemi Covid-19 sehingga kegiatan pembelajaran maupun perkuliahan berjalan tidak efektif dan efisien. Dengan hambatan tersebut, pendidik harus lebih variatif dalam menyampaikan materi demi kelancaran proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran online di masa pandemi ini masih banyak dosen atau tenaga pendidik di Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial yang mengampu mata kuliah praktikum masih kesulitan untuk memberikan materi praktikum kepada mahasiswa agar mudah diakses dan didiskusikan. Dalam membantu permasalahan dilakukan pengabdian dengan metode pelaksanaan yaitu identifikasi masalah, analisis kebutuhan mitra, penyusunan rangkaian kegiatan, pelaksanaan rangkaian kegiatan, monitoring dan evaluasi, danpelaporan. Hasil dari pengabdian ini adalah menumbuhkan kreativitas dosen dalam membuat video tutorial yang variatif dan memudahkan dosen dalam membuat materi praktikum.

 

Keywords

bandicam; pembelajaran; pembelajaran online

Full Text:

PDF

References

Ahmed, S., Shehata, M., dan Hassanien, M. 2020. Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engage Ment on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9(1):1–15.

Musfiqon, M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A.L., dan Hendriyani, Y., Ramadhani, D., Dewi, I.P., Darni., Betri, T.J., Susanti, W., dan Sriwahyuni, T. 2020. Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak,12(3):385-392.

Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Yuma Pustaka. Surakarta.

Rey, A. 2013. Le Petit Robert Micro. Paris.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta. Bandung.

Pattaufi, A. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. ISBN: 978- 623-7496-14-4.

Pritandhari, M dan Ratnawuri, T. 2015. Evaluasi Penggunaan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2):11-20.

Munir. 2013. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan (Vol. 2). Alfabeta. Bandung.

Bates, A.W. 2020. Teaching in a Digital Age-Second Edition. Tony Bates Associates Ltd.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.