Upaya Optimalisasi Tata Kelola Organisasi yang Efektif Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten: Pendekatan Prinsip Good Corporate Governance (GCG)

Handrio Adhi Pradana, Alldila Nadhira Ayu Setyaning, Reza Widhar Pahlevi

Abstract

Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten merupakan kawasan Minapolitan dimana dominasi usaha warga desa pada industri peternakan ikan dan pengolahan hasil ikan khususnya ikan nila. Selain industri kecil rumahan, pertanian, dan perdagangan, industri ternak ikan nila telah menjadi mata pencaharian utama yang turun-temurun dari sejarah Desa Jeblog sendiri. Keuntungan secara geografis, letak Desa Jeblog yang berdekatan dengan salah satu sumber mata air jernih di Kecamatan Karanganom yakni umbul Ponggok di Desa Ponggok. Meskipun dengan dukungan sumber daya lingkungan yang melimpah, Desa Jeblog dinilai belum mampu mengoptimalkan menjadi sebuah ekosistem pariwisata dan kewirausahaan yang terintegrasi. Program pengabdian ini merupakan bagian dari rangkaian program kerjasama unit PPM Jurusan Manajemen FBE UII kemitraan Desa Jeblog untuk membantu mewujudkan tujuan besar Desa Jeblog sebagai ikon desa wisata nila. Tujuan kegiatan ini adalah penyuluhan dan pendampingan terkait tata kelola organisasi desa yang efektif sebagai bentuk penguatan pilar internal yang mendukung capaian tujuan Desa Jeblog sebagai ikon desa wisata Nila. Berdasarkan capaian pelaksanaan dari program penyuluhan dan pendampingan tata kelola organisasi desa yang efektif dapat dikategorikan sangat baik karena mampu memunculkan keterlibatan penuh dan komitmen tinggi perangkat desa dan pengelola BUMDes untuk mewujudkan tata kelola organisasi desa yang ideal.

Keywords

Jeblog; organisasi efektif; tata kelola

Full Text:

PDF

References

Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., dan Furyanah, A. 2019. Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1):21-28.

Senjani, Y.P. 2019. Peran Sistem Manajemen pada BUMDes dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1):23-40.

Majdi, M. Z., Rizkiwati, B.Y., dan Wirasasmita, R.H. 2020. Penguatan nilai produk home industry menuju kesejahteraan masyarakat Desa Suradadi, Terara, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2):587-595.

Rahajaan, J.D., Kurniadi, E., Yusuf, F., Darmawan, E., dan Herawati, R.M. 2020. Perancangan Konsep Ideal Desa Wisata Di Desa Cibinuang Kabupaten Kuningan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02):89-97.

Wiralestari, W., Sam, I., Lutfi, L., Fitriani, D., dan Wendry, W.S. 2020. Peningkatan Kemampuan Aparatur Desa Dalam Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Desa Pada Desa Mendalo Indah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2):206-210.

Monks, R.A.G and Minow, N. 2011. Corporate Governance, 5th edition. John Wiley dan Sons. UK.

Karini, Z., Marcos, H., dan Idah, Y.M. 2018. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Limbasari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2):73-82.

Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., dan Dhian, P. I. Y. 2019. Perbedaan Antara Penggunaan Focus Group Discussion (FGD) Dengan Proses Ground, Understand, Revise, and Use (GURU) Terhadap Efikasi Diri Karier Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling. Nusantara of Research, 6(1):33-40.

Effendi, M.A. 2016. The Power of Good Corporate Governance. Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.

Daniri, A.M. 2005. Good Corporate Governance: Konsep dan Penerapannya dalam Konteks Indonesia. Ray Indonesia. Jakarta.

Gautama, B. P., Yuliawati, A.K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., dan Pratiwi, I.I. 2020. Pengembangan desa wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4):355-369.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.