Pemanfaatan Tumbuhan Air Purun Tikus (Eleocharis dulcis) Kelompok Usaha Wanita Pengrajin Purun ‘Galoeh Badjar’

Rizmi Yunita, Dini Sofarini

Abstract

Kelompok usaha wanita pengrajin purun merupakan salah satu kelompok pengrajin purun di kelurahan Palam yang telah mengembangkan bahan baku menjadi produk kerajinan dengan bahan utama tumbuhan air purun tikus. Kelompok pengrajin purun dalam perkembangannya menghadapi permasalahan dalam keterbatasan pengetahuan tentang pemilihan dan pemanfaatan tumbuhan air purun tikus yang baik, penanganan pewarnaan. Solusi yang ditawarkan adalah pengrajin dapat membedakan purun tikus dengan mutu yang baik digunakan sebagai bahan dasar anyaman, pemilihan bahan dasar, pewarnaan bahan dasar, agar meningkatkan mutu bahan dasar anyaman. Metode kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diterapkan, yaitu: 1) Konsultasi berupa pertemuan, diskusi, dan  penyampaian materi, dan 2) Pelatihan berupa demonstrasi dan redemontrasi dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan PKM memberikan adanya kondisi perubahan dalam menambah wawasan pengetahuan dan mau melaksanakan apa yang sudah diinformasikan kepada kelompok mitra tentang penggunaan bahan dasar yang baik dan pewarnaan bahan dasar agar mampu mengembangkan usaha sebagai suatu bisnis yang mandiri. Pertemuan dengan kelompok mitra berdampak pada penurunan variasi pengetahuan dan kemampuan, dimana anggota kelompok usaha wanita pengrajin purun dalam mempertahankan mutu bahan dasar dan pewarnaan sebagai peningkatan pengetahuan kelompok mitra secara merata.

 

Keywords

Eleocharis dulcis; Galoeh Badjar; pemanfaatan tumbuhan air

Full Text:

PDF

References

Wianto, T., Ishaq, A. Faisal., dan Hamdi, A. 2011. Rekayasa Tumbuhan Purun Tikus (Eleocharis dulcis) Sebagai Substitusi Bahan Matrik Komposit Pada Pembuatan Papan Partikel. Jurnal Fisika Flux, 8 (2):154-164.

Sunardi dan Istikowati W.T. 2012. Analisis Kandungan Kimia dan Sifat Serat Tanaman Purun Tikus (Eleocharis dulcis) Asal Kalimantan Selatan. Bioscientiae. 9(2):15-25.

Turang, C.W dan Turang, D.A.O. 2021. Pengembangan Desain Tas Wanita Berbahan Rumput Purun Menggunakan Metode ATUMICS, 4(1):33-34.

Asikin, S dan Thamrin, M. 2012. Manfaat Purun Tikus (Eleocharis dulcis) Pada Ekosistem Sawah Rawa. Jurnal Pertanian dan Pengembangan Pertanian, 31(1):3542.

Royani, M dan Agustina, W. 2017. Bentuk-Bentuk Geometris pada Pola Kerajinan Anyaman sebagai Kearifan Lokal di Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pendidikan Matematika, Math Didactic, 3(2):105-112.

Faisal R.M dan Rusadi, A. 2020. Penerapan Portable Pressing Machine Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerajinan Purun di Desa Pulantani dan Desa Teluk Haur Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. PRO SEJAHTERA, 2(1):92-96.

Flach, M., Rumawas, F., Jansen., P.C.M., Onwueme, I.C., and Siemonsma, J.S. 1996. Plant Resources of South-East Asia 9. Plants Yielding Non-Seed Carbohydrates. Backhuys. Leiden.

Wardiono. 2007. Eleocharis dulcis Burm.f Triniusex Henscell. http://www.kehati.or.id/prohati/brow ser.php/docsid=478. [Diakses 20 April 2021].

Kosjoko. 2015. Upaya Peningkatan Kualitas Sifat Mekanik Komposit Serat Purun Tikus (Eleocharis dulcis) Bermatrik Polyseter dengan Perlakuan NaOH. Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV. Banjarmasin. 7-8 Oktober 2015. http://eprints.ulm.ac.id/713/1/Material%2045.pdf.

Wahdah, R dan Amalia, H.S. 2016. Pengembangan Daya Saing Produk pada Sentra Kerajinan Purun di Kabupaten Hulu ungai Utara Kalimantan Selatan. Jurnal SPREAD, 6(2):89-99.

Mulyana, E., Rosana, E., dan Paramita, D. 2017. Analisis Pendapatan Pengrajin Anyaman Tikar Purun di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Bartu Kabupaten Ogan Ilir. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UMJ. Prosiding Pertanian dan Tanaman Herbal Berkelanjutan di Indonesia. Website:jurnal.umj.ac.id/in dex.php/semnastan. Jakarta 8 November 2017. E-ISSN: 2615-2320. Halaman 147-154.

Ernawati, Hurriyati, R., dan Dirgantari, P.D. 2021. Strategi Pengembangan Kerajinan Anyaman Purun untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(1):27-40.

Harsono, D. 2013. Sifat Fisis dan Mekanis Purun Bajang sebagai Substitusi Purun Danau dan Purun Tikus. Jurnal Riset Industri Hasil Hutan, 5(2): 45-51.

Patekkai, M. 2013. Produksi Media Penyuluhan Audio Visual. Bimbingan Teknis Pembuatan Media Penyuluhan Perikanan Pembuatan Media Penyuluhan Perikanan. Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta. 19 Desember 2013. Halaman 12.

Sudjana, M. 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.