Pendampingan Pemuda Penggiat Seni Reyog Ponorogo (PPSRP) Malang Raya untuk Menjadi Art-Preneur dengan Pemanfaatan Media Online

Fahyuni Baharuddin, Tri Siwi Agustina, Prakrisno Satrio

Abstract

Masyarakat seni merupakan salah satu pihak yang terkena dampak saat pandemi Covid-19 melanda dunia. Salah satu masyarakat seni yang menjadi mitra pengabdian kepada masyarakat adalah Komunitas Pemuda Penggiat Seni Reyog Ponorogo (PPSRP) Malang Raya.Kegiatan komunitasPPSRP adalah memenuhi panggilan pertunjukan seni yang biasanya menjadi salah satu penyumbang penghasilan ekonomi komunitas, namun akibat pandemi Covid-19 komunitas tidak dapat bekerja seperti biasanya. Berdasarkan kondisi tersebut pengabdi berupaya membantu membangkitkan kondisi perekonomian komunitas PPSRP Malang Raya dengan melakukan pendampingan da npelatihan dengan konsep art-preuneur yang menggabungkan pengetahuan dan ketrampilan dibidang seni dan bisnis. Selain itu pengabdi mengenalkan produk PPSRP Malang Raya yang dihasilkan sehingga komunitas didorong untuk mengenalkan produk seninya secara digital dengan media online. Konsep digital diperkenalkan melalui workshop pengelolaan website dan e-commerce. Dari kegiatan PKM tersebut anggota PPSRP Malang Raya mendapatkan banyak manfaat dan dapat meningkatkan kemandirian bagi kelompoknya sehingga semua anggota komunitas menjadi sejahtera.

 

Keywords

art-preneur; e-commerce; PPSRP; Reog Malang; website

Full Text:

PDF

References

Rahimsyah, M.B. 1990. Asal usul Reog Ponorogo. Karya Anda. Jawa Timur.

Hogg, M.A and Abrams, D. 1998. Social Identification. Routledge. New York.

Fiske, S.T and Taylor, S.E. 1991. Social Cognition (2nd ed.). McGraw-Hill. New York.

Deaux, K. 2001. Social identity. Encyclopedia of Women and Gender, 2:1059-1067.

Hogg, M.A and Vaughan, G.M. 2002. Social Psychology (3rd edition). Prentice Hall. London.

Brewer, M.B and Gardner, W. 1996. Who Is This We. Levels of Collective Identity and Self Representations. Journal of Personality and Social Psychology, 71(1):83-93.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.