Peningkatan Pangsa Pasar Kelompok UMKM melalui Penjualan Online dan Offline di Kelurahan Rungkut Menanggal

Endang Siswati, Fakhri Achmad Rinaldi, Reti Istifadatul Qoiroh, Nadhila Alda Almira, Riko Ramadhan Ariyanto

Abstract

Peningkatan pangsa pasar melalui penjualan online dan offline dengan sasaran UMKM, ibu-ibu PKK, dan kelompok Karang Taruna yang dilakukan oleh tim pengabdian dengan merencanakan beberapa program pada masa pandemi Covid-19. Program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mencapai tujuannya itu membantu kelompok UMKM dikelurahan Rungkut Menanggal dalam meningkatkan pangsa pasar usahanya melalui pelatihan dan implementasi program serta keberlanjutan program. Metode pelaksanaan program menggunakan langkah, yaitu: 1) Tahap persiapan meliputi mengidentifikasi potensi dan menganalisis permasalahan didalam masyarakat perancangan program), 2) Tahap pelaksaan antara lain mencakup metode observasi lapangan untuk mengetahui kondisi lapangan, 3) Tahap implementasi yaitu sosialisasi dan pelatihan, dan 4) Tahap evaluasi program antara lain mengevaluasi hasil program pengabdian kepada masyarakat terhadap kelompok UMKM. Kegiatan ini memberikan hasil antara lain pelatihan dan implementasi pemasaran online dan offline disertai pemberian bantuan sarana produksi dan pemasaran berupa stiker dan kemasan produk, serta penyebaran brosur sangat cocok dan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi, serta mampu meningkatkan stabilitas UMKM.

Keywords

offline; peningkatan pangsa pasar; penjualan online

Full Text:

PDF

References

Undang-Undang Republik Indonesia. 2008. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pemerintah Pusat. Jakarta. 20 Halaman.

Utama, A.A.G.S dan Pratama, D. 2019. Pengabdian Masyarakat Desa Taman Sari: Optimalisasi Kinerja UMKM melalui Pelatihan Akuntansi Sederhana. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun. Madium. ISBN: 2549-7936. Halaman 357-360.

Harto, D., Pratiwi, S.R., Utomo, M.N., dan Rahmawati, M. 2019. Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1): 39-45.

Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1):1-17.

Nursari, S.R.C dan Immanuel, Y. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(2):107-116.

Evasari, A.D., Utomo, Y.B., dan Ambarwati, D. 2019. Pelatihan dan Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran Produk UMKM di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2):75-84.

Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV. Bandung. ISBN: 978-602-17225-4-1. Halaman 327-337.

Kurniawati, E., Santoso, A., dan Widowati, S.Y. 2019. Pelatihan Pemasaran Online bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI”. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2):132-138.

Rahmawati, K. 2021. Pelatihan Penjualan online Menggunakan Marketplace pada UKM di Bantul. Dharma LPPM, 2(1):79-85.

Santoso, T. 2011. Marketing Strategy. Oryza. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.