Workshop Peran Siswa sebagai Warga Negara Dalam Menyikapi Realitas di Masa Pandemi

Zindan Baynal Hubi, Ilham Aji Pangestu, Nursanda Rizki Adhari, Rizal Fahmi

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan diantaranya pertama menumbuhkan kecerdasan  dan kecakapan kewarganegaraan terkait dengan peran warga negara muda menghadapi pandemi Covid-19,  kedua kecakapan dan kesadaran kewarganegaraan tersebut diimplementasikan ketika mampu bersikap efektif didalam tindakan serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi pandemi Covid-19, dan ketiga mitra mampu berperan dalam menyikapi realitas dimasa pandemi termasuk dengan kebajikan yang dilakukan. Mitra dalam PKM ini adalah para siswa SMAN 20 Kabupaten Tangerang. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu penyuluhan dalam bentuk ceramah melalui media googlemeet. Dalam PKM ini materi yang disampaikan meliputi kesadaran bela negara ditengah pandemi, aktualisasi nilai Pancasila menjadi relevan dengan situasi hari ini, dan bagaimana siswa dapat berperan serta dalam menyikapi realitas dimasa pandemi. Adapun kesimpulan dalam materi ini menekankan pada konsep triple helix concept, dimana pemerintah dengan political power, akademisi/ pelajar dengan knowledge power dan masyarakat dengan social control, harus senantiasa bersinergi bersama dalam menanggulangi pandemi ini. Dampak dengan diadakannya workshop kegiatan terhadap Siswa SMAN 20 Kabupaten Tangerang, tidak lain sedikitnya merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kecakapan kewarganegaraan utamanya terhadap warga negara muda. Kecakapan warga negara itu harus ditimbulkan dan disadarkan melalui pendidikan ataupun contoh nyata yang dilakukan berbagai elemen bangsa. Adapun rekomendasi terhadap pelaksnaan PKM ini kedepan diantaranya adalah pertama, adanya kegiatan lanjutan yang melibatkan komponen masyarakat, kedua, melakukan pendampingan secara langsung dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan ketiga, singkronisasi yang lebih luas khususnya instansi pemerintah.

 

Keywords

pandemi; peran; warga negara

Full Text:

PDF

References

Alpian, Y., Anggraeni, S.W., Wiharti, U., dan Soleha, N.M. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1): 66-72.

Astawa, I.N.T. 2017. Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2):197-205.

Rochanah R. 2016. Peranan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Menunjang Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Elementary, 4(1).

Pane, A., Dasopang, M.D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2):333-352.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5):395-402.

Udin Rosidin, Laili Rahayuwati, E. H. 2020. Perilaku dan Peran Tokoh Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid -19 di Desa Jayaraga, Kabupaten Garut. Jurnal Umbara, 5(1):42-50.

Mashuri, M.A., Apriliana, S.D., dan Nahdiyah, V. 2020. Peran Masyarakat terhadap Pembangunan Ekonomi Berbasis Kampung Tangguh sebagai Upaya Menekan Angka Covid 19. Jurnal Makro Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2):141-156.

Setiawan, K.U. 2020. Upaya Menerapkan Nilai-nilai Luhur Pancasila Selama dan Sesudah Pandemi Covid-19. Journal of Theology and Christian Education, 2(3):78-89.

Tiana Nirmalasari, N.W. 2018. Peran Tokoh Pemuda dalam Meningkatkan Partisipasi Karang Taruna di Desa Nanjung Margaasih. Jurnal of Community Education, 1(2):94-104.

Januarharyono, Y. 2019. Peran Pemuda di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 13(1).

Alfaqi, M.Z. 2016. Mendorong Peran Pemuda dalam Pencegahan Korupsi melalui Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1):19-24.

Inanna. 2018. Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1):27-33.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan dalam Pengembangan Diri terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Kreatif, 3(2):92-119.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.