Perancangan Brand Design untuk Meningkatkan Value Usaha Laundry Bu Kah di Pakis Kabupaten Malang serta Pemasaran Melalui Sosial Media

Bintang Pramudya Putra Prasetya, Sultan Arif Rahmadianto

Abstract

Kebiasaan kita sehari-hari yang sering berganti baju untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan aktifitas, sepintas merupakan kegiatan yang sederhana, wajar dilakukan oleh kebanyakan masyarakat, khususnya di Indonesia. Ketika baju yang kita pakai sudah bau karena bercampur keringat oleh aktifitas kita, kita langsung melemparnya ke keranjang pakaian kotor. Namun, prilaku kecil tersebut di era yang serba cepat, dan menuntut individu untuk selalu produktif seperti saat ini, menghadirkan permasalahan yang sangat besar, seperti tidak adanya waktu untuk mencuci baju sendiri. Laundry Bu Kah merupakan salah satu usaha laundry yang berlokasi di Jalan Saptorenggo, Kabupaten Malang, usaha tersebut cukup ramai dimanfaatkan oleh para keluarga muda di sekitar lokasi usahanya, namun terdapat banyak sekali kompetitor serupa yang membuat persaingan menjadi lebih sulit. Salah satu faktor tingginya kompetisi adalah masing-masing penyedia jasa laundry belum memiliki keunikan dan identitas visual pada usahanya tersebut. Dengan menggunakan metode ADDIE perancangan branding pada usaha tersebut mampu menghasilkan identitas visual baru serta meningkatkan daya saing dan meningkatkan jumlah.

Keywords

branding; identitas visual; Laundry Bu Kah; usaha Kecil

Full Text:

PDF

References

Creswell, J.W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan Mixed (edisi tiga). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Barthes, R. 2006. Empire of Sign. Harper Collins Canada Ltd. United State of America.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.