Pengembangan Manajemen Organisasi Kelompok Wanita Tani Dapog sebagai Upaya Memaksimalkan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari di Dusun Maron, Desa Pujon Kidul, Malang

Hafid Adim Pradana, Devita Prinanda, Ach. Apriyanto Romadhan

Abstract

Kawasan rumah pangan lestari (KRPL) merupakan sebutan bagi rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif agar bisa dimanfaatkan dengan tujuan menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas. Keberadaan KRPL tidak dapat dilepaskan dari peran dan upaya kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan. Salah satu kelompok masyarakat yang mempunyai peran besar dalam memaksimalkan KRPL ialah Kelompok Wanita Tani (KWT). KRPL Dusun Maron, Desa Pujon Kidul merupakan KRPL percontohan di Kabupaten Malang, yang berada di bawah pengelolaan ibu-ibu setempat yang tergabung dalam KWT Dapog. Secara umum, program KRPL yang dirancang oleh KWT Dapog bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi warga desa. Akan tetapi terdapat problem kelembagaan yang tampak dari banyaknya  anggota-anggota KWT yang tidak aktif. Berangkat dari masalah tersebut, pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengembangan manajemen organisasi KWT Dapog sebagai upaya memaksimalkan program kawasan rumah pangan lestari di Dusun Maron, Desa Pujon Kidul. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk training, Focus Group Discussion (FGD), dan pendampingan. Seluruh kegiatan yang diselenggarakan berlangsung pada Agustus-Desember 2020, dan melibatkan semua anggota KWT Dapog yang terdiri dari 15 orang. Kegiatan pengabdian ini pada akhirnya bermuara pada adanya pembaruan struktur dan susunan organisasi KWT Dapog serta terbentuknya akun media sosial KWT Dapog yang difungsikan sebagai sarana promosi produk hasil olahan tani.

Keywords

kawasan rumah pangan lestari; kelompok wanita tani; manajemen organisasi

Full Text:

PDF

References

Badan Litbang Pertanian. 2011. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

Badan Litbang Pertanian. 2012. Analisis Kebijakan Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Pusat Analiksis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Badan Litbang Pertanian. 2013. Panduan Pengembangan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari-KRPL. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Kustanto, M. 2017. Domestikasi berbalut pemberdayaan perempuan pada kegiatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Studi Gender dan Anak, 2(1):89-102.

Tyas, D.N.A. 2019. Implementasi Kebijakan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 1(1):71-87.

Yuniarti, S. 2018. Pemberdayaan Rumah Tangga melalui Program M-KRPL Di Desa Menes Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.