Penataan Ruang Terbuka pada Taman Edukasi SMK NU Sunan Ampel, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang

Irawan Setyabudi, Rizki Alfian, Debora Budiyono, Hesti Triana Soelistyari, Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas, Lorenzo Agustino Soget

Abstract

Ruang terbuka hijau akan memiliki nilai jika difungsikan, tidak hanya berupa hamparan ruang terbuka tetapi memiliki kombinasi antara hardscape dan softscape. Bisa juga wujudnya dari lahan sisa pada suatu lingkungan binaan. Pada kasus ini, SMK NU Sunan Ampel memiliki ruang terbuka yang cukup luas yaitu sekitar 2400m2. Sebelumnya, sekolah ini memiliki kerja sama yang cukup kuat dengan prodi Arsitektur Lanskap UNITRI yaitu pembinaan untuk lomba LKS yang mana telah berhasil mengantarkan sebagai juara nasional, selain itu juga sebagai lokasi PKL. Sebagai mitra, SMK NU membutuhkan ide rancangan ruang terbuka untuk taman edukasi yang berada di tengah sekolah. Kebutuhannya adalah taman untuk mengakomodasi untuk pentas/pertunjukan seni, olahraga, lahan parkir dan pujasera. Tujuan program pengabdian masyarakat mandiri adalah sebagai upaya realisasi ide rancangan untuk ruang terbuka, memperkenalkan jenis tanaman dan meningkatkan daya tarik bagi siswa SMK ataupun tamu. Metode yang dipakai adalah metode perancangan dengan praktek langsung di lapangan. Hasil pelaksanaannya adalah SMK NU memiliki taman yang estetik dan fungsional dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, berupa konsep dan gambar rancangan tiga dimensi taman.

Keywords

ruang terbuka; SMK NU Sunan Ampel; taman edukasi

Full Text:

PDF

References

Rustam, Hakim, dan Hardi Utomo. 2012. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ruang, Ditjen Penataan. 2008. Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. Departemen Pekerjaan Umum RI, Jakarta.

Budi. SMK NU Sunan Ampel Malang. Online. 8 Oktober 2020. < https://www.laduni.id/post/read/53393/smk-nu-sunan-ampel-malang>.

Ilmiajayanti, Freska, dan Diah Intan Kusumo Dewi. 2015. Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung terhadap Aksesibilitas dan Pemanfaatannya. Ruang 1.1 (2015): 21-30.

Setyabudi, Irawan, et al. 2017. Konsep Taman Edukasi pada Sekolah Dasar di Kota Malang (Studi Kasus: SDN Lowokwaru 3 Malang). RUAS (Review of Urbanism and Architectural Studies) 15.1 (2017): 23-34.

Gold, Seymour M. 1980. Recreation planning and design. Recreation planning and design.

Setyabudi, Irawan. 2016. Elemen dan Proses Desain Arsitektur Lanskap Taman Rumah Tinggal. Malang: Dream Litera.

Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. 2016. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Gunawan, Imam. 2013. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.