Pelatihan Teknik Self Control untuk Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

Henni Anggraini, Sarah Emmanuel

Abstract

Generasi Alpha merupakan generasi milenial yang sangat akrab dalam penggunaan teknologi. Kebutuhan akan teknologi tidak bisa terpisahkan dari generasi mereka. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru dan orang tua peserta didik di PAUD Tunas Bangsa Krebet Bululawang. Para peserta didik di PAUD tersebut sudah mulai mengenal gadget sejak usia dua tahun. Tujuan penggunaan gadget oleh orang tua selain untuk belajar namun juga untuk mengalihkan perhatian anak  dan agar lebih tenang ketika orang tua melakukan aktivitas sehingga tidak mengganggu kegiatan orang tua mereka. Untuk mencegah kecanduan gadget pada anak melalui pelatihan self control ini diharapkan orang tua memahami dan memiliki kemampuan  melakukan kontrol diri terhadap anak mereka melalui pendampingan dan pengawasan selama penggunaan gadget di rumah. Kegiatan Pelatihan  kami lakukan di PAUD Tunas Bangsa Bululawang yang diikuti oleh guru dan orang tua murid di PAUD Tunas Bangsa Krebet Bululawang sebanyak 24 peserta. Pada pelatihan Teknik self control ini peserta yaitu guru dan orang tua dapat memahami serta menerapkan teknik self control tersebut sesuai dengan permasalahan yang dialami peserta didik di PAUD Tunas Bangsa Krebet Bululawang.

 

Keywords

anak usia dini; gadget; self control

Full Text:

PDF

References

Suara Merdeka.com.2018. Keterlambatan Anak Patut Dicurigai. https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/65361/keterlambatan-pertumbuhan-anak-patut-dicurigai.

Warisyah, Y. 2015. Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: PG PAUD FKIP UAD.

Ismanto, Y., Manumpil, B & Onibala, F. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. E journal Keperawatan. Vol 3 (2).

Goleman, D. 2007. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Slamet Suyanto. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Purwanta, Edi. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ramadhani, R. F, dkk. 2019. Pelatihan Kontrol Diri untuk Mengurangi Kecenderungan Internet Gaming Disorder Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, vol 7 No 1. 81-100. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/7837/6364.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.