MOTIVASI WIRAUSAHA DAN PELATIHAN PENGANGGARAN SERTA PEMBUKUAN PADA IBU-IBU PKK PEDUKUHAN WONOCATUR

Putri Dwi Cahyani, Bernadetta Diansepti Maharani, Lusia Tria Hatmanti Hutami

Abstract

Mitra kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah ibu-ibu PKK dari pedukuhan Wonocatur, Banguntapan, Bantul. Sebagian besar dari mereka adalah ibu-ibu PKK ini adalah ibu rumah tangga dengan tingkat pendapatan yang relatif masih rendah ditambah lagi tingkat pendidikan mereka masih rendah pula. Namun, perkumpulan PKK ini sebenarnya memiliki berbagai macam kegiatan usaha UMKM seperti batik jumputan, kerajinan tangan dan sebagainya walaupun masih belum dikelola dengan lebih baik lagi. Dengan demikian terdapat peluang kerja untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga di pedukuhan Wonocatur, Banguntapan, Bantul. Permasalahannya adalah kesadaran akan berwirausaha yang masih belum stabil (dapat berhenti kerja secara tiba-tiba), sistem penganggaran (keuangan) dan sistem pembukuan yang masih belum baik. Strategi maupun metode yang dilakukan dalam ABDIMAS ini adalah presentasi motivasi berwirausaha dan pelatihan pengganggaran serta pembukuan. Hasil yang diperoleh adalah materi beserta pemahaman dan pelatihan sistem penganggaran (keuangan) dan sistem pembukuan untuk mendukung berbagai macam kegiatan usaha UMKM yang dimiliki ibu-ibu PKK dari pedukuhan Wonocatur, Banguntapan Bantul.

Keywords

motivasi berwirausaha; sistem penganggaran; sistem pembukuan

Full Text:

PDF

References

Hasyim D. Kualitasmanajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) Di Kotamedan). JUPIIS. 2013;5(2):105–14.

Rusdiana HA. Kewirausahaan Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia. 2014. 1–190 p.

Munawaroh M, Rimiyati H, Fajarwati. Kewirausahaan Untuk Program Strata 1. 2016. 1–167 p.

Mbugua Stephen Kamunge, Dr. Agnes Njeru, Ondabu Ibrahim Tirimba. Factors Affecting the Performance of Small and Micro Enterprises in Limuru Town Market of Kiambu County , Kenya. Int J Sci Res Publ. 2014;4(12):1–19.

Murdani, Sus Widayani, Hadromi. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). J Pengabdi Kpd Masy. 2019;23(2):152–7.

Putra DA. UMKM Sumbang 60 Persen ke Pertumbuhan Ekonomi Nasional [Internet]. Merdeka.com. 2018. p. 1–2. Available from: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3581067/umkm-sumbang-60-persen-ke-pertumbuhan-ekonomi-nasional

Ali S, Inggriyani F, Pauzy DM. Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi Pelaku Usaha Kerajinan Anyam Mendong di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.