Dampak Penerapan GMP dan SSOP terhadap Kualitas Minuman Kunyit Asam SMUD SMK Muhammadiyah 2 Malang

warkoyo warkoyo, Damat Damat, Sri Winarsih

Abstract

Di Malang dan sekitarnya pertumbuhan UMKM yang memproduksi minuman berasa dalam kemasan semakin banyak dikarenakan permintaan produk ini juga semakin banyak. Produk minuman dalam kemasan yang beredar di Malang yang khas adalah sari apel, temulawak, sari buah jambu, sinom dan kunyit asam. SMK Muhammadiyah 2 juga mengambil peran dalam pemenuhan permintaan minuman dalam kemasan yaitu kunyit asam. SMK Muhammadiyah 2 Malang memiliki unit usaha minuman kunyit asam dalam kemasan. Proses produksi minuman kunyit asam ini masih belum menerapkan sistem GMP dan SSOP yang baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan tenatng sistem GMP dan SSOP agar mutu minuman meningkat. Metode yang digunakan untuk pendampingan ini adalah tutorial dan pendampingan penerapan GMP dan SSOP kepada staff yang berperan aktif dalam produksi minuman kunyit asam dan mampu meningkatkan mutu produk yang sesuai dengan SNI 01-4320-1996.

Keywords

GMP; SSOP; kunyit asam

Full Text:

PDF

References

Blois, M.S. 1958. Antioxidant determinations by the use of a stable free radical. Nature, 181:1199-1200.

Mulyani, S; B. Admadi, H. dan Diah P.GAK. 2011. Potensi Minuman Kunyit Asam (Curcuma domestica Val.- Tamarindus indica L.) sebagai Penurun Gula Darah Pada Tikus Hiperglikemik. Laporan Hibah Bersaing, Universitas Udayana.

SNI 01-4320-1996. Minuman Serbuk Tradisional. Badan Standarisasi Nasional.

Suwariani and Suhendra, L. 2008. Sinergisme Aktivitas Antioksidan Kunyit-Asam (Curcuma domestica Val.-Tamarindus indica L.) Sebagai Penangkap Radikal Bebas. Seminar Nasional Pengembangan Agroindustri Berbasis Sumber Pangan Lokal untuk Peningkatan Kedaulatan Pangan, Yogyakarta.

Winarno, F.G dan Surono. 2004. GMP Cara Pengolahan Pangan Yang Baik. M-Brio Press. Bogor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.