MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPA MELALUI METODE IMPROVE

Widyastuti Ismani, Nila Kartika Sari

Abstract


The purpose of this study is to improve the process skills and mastery of students' knowledge in linear program material through the improve method in class XI IPA 4 SMA Negeri 1 Pandaan. This research is a classroom action research (CAR) with the Kemmis and McTaggart models, through two stages: (1) the initial observation stage (pre-action); and (2) the implementation phase of the action. Data instruments used were (1) an observation sheet to assess students 'learning process skills, and (2) written test questions sheets in the form of a post test to conduct an assessment of the mastery of students' learning outcomes. The data analysis technique used is the triangulation technique. The results showed there was a significant increase in the learning process skills and the mastery of students' learning outcomes knowledge. Based on the results of these achievements, it is necessary to take alternative actions in implementing appropriate and effective improve methods.


Keywords


process skills; mastery of knowledge; improve method.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Degeng, I.N.S. (1997). Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi Isi Dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP MALANG.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Pengembangan Model Peningkatan Kemampuan Guru SMP Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Hudoyo, H. (1977). Pengantar Beberapa Sistem Matematika. Malang: IKIP MALANG.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lie, A. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munandir. (2001). Ensiklopedi Pendidikan. Malang: UM Press.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rozhana, K,M & Sari, N,K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Dosen dan Guru Indonesia, Volume 2 (Online) (https://semnas.unikama.ac.id/fip/unduhan/2018/47851298.pdf), di akses 21 Juni 2019.

Rusdiana, R., Jannah, S.M., Pratiwi, V.E., & Soemantri, S. (2019). Penguatan Konsep Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Inklusi Melalui Media Matryk (Math Story Book). Jurnal Inteligensi: Ilmu Pendidikan. 1(2), 28-38.

Sari, N.K. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 16 Malang. Skripsi (tidak diterbitkan).

Sari, N.K. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Konsep Geometri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1 (online) http://repository.unikama.ac.id/839/1/PROSIDING%20SEMINAR%20NASIONAL%20PENDIDIKAN%20MATEMATIKA%202016.pdf, diakses 15 Mei 2019.

Sari, N.K. (2016). Menggunakan Penajaman Ciri Questioning & Clarifying Untuk Membelajarkan Fungsi Polinomial. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya Volume 1 No. 2 (online) http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/view/270/258 diakses pada 15 mei 2019.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukarnyana, I.W. (2002). Penelitian Tindakan Kelas: Bahan Penataran untuk Instruktur. Malang: Proyek Peningkatan Pusat Pengembangan Guru IPS dan PMP Malang - Dirjen Dikdasmen – Depdiknas.

Taniredja, T., dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/ilg.v2i1.1574

Article metrics

Abstract views : 12 | views : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyastuti Ismani