Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction

Kardiana Metha Rozhana, Harnanik Harnanik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan Lesson Study dengan metode Discovery Learning dan Problem Based Intruction dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu laporan penelitian hasil riset berupa kutipan-kutipan data yang diperoleh selama observasi untuk memberikan gambaran penyajian laporan secara deskripsi. Hasil peneitian menunjukkan melalui metode Discovery Learning dan Problem Based Intruction proses pembelajaran mampu meningkatkan keaktifan siswa, merangsang siswa tidak malu dalam bertanya, menumbuhkan rasa ingin tahu, proses pembelajaran menyenangkan, dan guru model dapat memperbaiki cara mengajar melalui saran yang diberikan oleh tim observer lesson study.

Keywords

Lesson Study, Discovery Learning, Problem Based Intruction

Full Text:

PDF

References

Akbar, Sa’dun. 2010. Peneletian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Azzahro, Fatimah. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Sub Materi Respirasi dan Fotosintesis Kelas VII SMP. Jurnal Pemdidikan Sains Unesa, Vol 2 No 03 (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/9390) diakses 15 Mei 2019.

Fitri, M & Derlina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), Vol 3 No 2 (2015) (online) http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5130/8113 diakses 15 Mei 2019.

Nuryanto. 2016. Pendekatan Scientific Berbasis Lesson Study Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Konteks Peningkatan Professional Guru. Jurnal Elementary, Vol 2 Edisi 3 Januari 2016 (online) (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=496234&val=10158&title=%20PENDEKATAN%20SCIENTIFIC%20BERBASIS%20LESSON%20STUDY%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20TEMATIK%20TERPADU%20KONTEKS%20PENINGKATAN%20PROFESIONALITAS%20GURU), di askes 16 Mei 2019.

Rozhana, K,M & Fidiastuti, H, R. 2017. Model Problem Based Intruction Berbantu Mind Mapping pada Materi Permasalahan Sosial di Lingkungan Setempat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 2 Nomor 2 2017 (online) (http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/553/421), diakses 15 Mei 2019.

Rozhana, K,M & Sari, N,K. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Dosen dan Guru Indonesia, Volume 2 (Online) (https://semnas.unikama.ac.id/fip/unduhan/2018/47851298.pdf), di akses 21 Juni 2019.

Sari, NK. 2016. Kemampuan Berpikir Kreatif Konsep Geometri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1 (online) http://repository.unikama.ac.id/839/1/PROSIDING%20SEMINAR%20NASIONAL%20PENDIDIKAN%20MATEMATIKA%202016.pdf, diakses 15 Mei 2019.

Subadi, Tjipto. 2013. Lesson Study sebagai Inovasi Pendidikan. Surakarta: Kafilah Publishing.

Winarsih, A & Mulyani, S. 2012. Peningkatan Profesionalisme Guru Ipa Melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1) (2014) 43-50 (online) https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2012/2126 diakses 16 Mei 2019.

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355 | Viewed : 1338 | Download : 1224
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.